Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kentang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Melisa Dinda Anggraeni, Nur Baladina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran kentang di Desa Sumberbrantas secara lebih lengkap dengan menggunakan pendekatan struktur, perilaku, dan penampilan pasar kentang. Pendekatan struktur pasar menggunakan analisis pangsa pasar (market share), Indeks Hirschman Herfindahl (IHH), CR4 (Concentration Ratio for Biggest Four), Indeks Rosenbluth, dan Koefisien Gini (Gini Coefficient). Pendekatan perilaku pasar menggunakan analisis deskriptif kualitatif berkenaan dengan pasar yang menjadi obyek penelitian.  Sedangkan pendekatan penampilan pasar menggunakan analisis marjin pemasaran berdasarkan konsep produk referensi dan analisis MEI (Market Efficiency Indeks). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar kentang di Desa Sumberbrantas mengarah pada persaingan tidak sempurna (imperfect market) yaitu oligopoli. Perilaku pasar menunjukkan cukup banyak kolusi dan strategi yang dilakukan lembaga pemasaran untuk melemahkan posisi pedagang yang berada di level bawahnya, sedangkan petani hanya sebagai pihak price taker. Analisis penampilan pasar menghasilkan marjin pemasaran dan nilai R/C ratio yang bervariasi antar lembaga pemasaran, dengan share harga yang diterima petani dari harga yang dibayarkan konsumen relatif kecil, sedangkan saluran pemasaran kentang yang paling efisien terdapat pada saluran III dengan total marjin rendah.

Kata kunci: Kentang, Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Penampilan Pasar


Keywords


struktur pasar, perilaku pasar, penampilan pasar

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Fendik, Budi Setiawan dan Fitria Dina Riana. 2013. Dampak Impor Kentang Terhadap Pasar Kentang Di Indonesia. Habitat Volume XXIV No. 1 Bulan April 2013 ISSN: 0853-5167. Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Anindita, Ratya. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Edisi 01. Papyrus. Surabaya.

Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura. 2015. Produksi Kentang Menurut Provinsi 2011-2015. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Badan Penyuluh Pertanian. 2015. Potensi Sumberbrantas 2015. Badan Penyuluh Pertanian. Batu.

Baladina, Nur. 2012. Modul Pemasaran Hasil Pertanian. Lab. Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Malang.

Baladina, Nur. 2012. Analisis Struktur, Perilaku, dan Penampilan Pasar Wortel di Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung (Kasus pada Sentral Produksi Wortel di Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). AGRISE Volume XII No. 2 Bulan Mei 2012 ISSN: 1412-1425. Staf Pengajar Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Malang.

Dinas Pertanian Kota Batu. 2015. Rekapitulasi Laporan Tanaman Sayuran dan Buahbuahan Semusim. Dinas Pertanian. Batu.

Subagyo, P Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Penerbit ALFABETA. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2017.001.02.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.