Analisis Kinerja Pasar Benih Padi di Kabupaten Madiun

Resty Hutami Lirphandari, Rini Dwiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur sampai sejauh mana prestasi pasar yang telah dicapai oleh produk benih padi yang dihasilkan. Penelitian dilakukan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dengan responden berupa 12 produsen dan 11 lembaga pemasaran. Metode yang digunakan yaitu statistik deskriptif untuk memaparkan karakteristik produsen benih padi, karakteristik lembaga pemasaran, marjin pemasaran pada setiap saluran pemasaran, fungsi pemasaran pada setiap saluran pemasaran, rasio keuntungan dan biaya, efisiensi pemasaran, volume penjualan benih padi dan kinerja pasar benih padi di Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga indikator hanya terdapat satu indikator yang menunjukkan kinerja pasar baik, sedangkan dua indikator lainnya yaitu marjin pemasaran dan keuntungan menunjukkan kinerja pasar buruk. Jika dibandingkan, saluran pemasaran 1 dengan petani mitra merupakan saluran pemasaran benih padi dengan kinerja pasar terbaik di Kabupaten Madiun. Namun, kedua saluran pemasaran lainnya, baik dengan petani mitra ataupun tanpa petani mitra berada pada kategori tidak baik pada indikator marjin dan keuntungan. Dengan demikian kinerja pasar benih padi di Kabupaten Madiun secara keseluruhan dapat dikatakan tidak baik

Keywords


Marjin pemasaran, keuntungan, efisiensi, kinerja pasar

Full Text:

PDF

References


Anindita, R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya

Arsanti, I.W. 1995. Analisis Produksi dan Strategi Pemasaran Benih. Fakultas. Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Badan Pusat Statistik. 2015. Indikator Pertanian Tahun 2015 Provinsi Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/Publikasi/view/id /182 (diakses pada 5 April 2017)

Badan Pusat Statistik. 2015. Indikator Pertanian Tahun 2015 Kabupaten Madiun. https://jatim.bps.go.id/index.php/publikasi (diakses pada 5 April 2017)

Dahl, D.C and J.W. Hammond, 1977. Market and Price Analysis: The Agricultural. Industries. McGraw. New York

Downey, D. dan Erikson, S., 1992. Manajemen Agribisnis. Penerbit Erlangga. Jakarta

HPPB. 2015. Populasi Produsen Benih Padi Jatim

Kohls, R.L. and J.N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products. A Prentice- Hall Upper Saddle River, New Jersey

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, Millenium Edition North Western University New Jersey, Prentice Hall Inc

Mubyarto. 1972. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta : LP3ES

Mlulla, S. A. 2003. Cross-border Trade in Northern Tanzania: The Effect of Market Exchange Arrangement and Institution on Values of Non-Traditional Export Crops. Dissertation for Award of MSc Degree at Sokoine University of Agriculture, Morogoro, Tanzania.

Msangi, A. A. 2000. Comparative Analysis of Resource use Efficiency between SURUDE project and Non- Project Supported Smallholder Dairy Farmers in Turiani Division. Dissertation for Award of MSc Degree at Sokoine University of Agriculture, Morogoro, Tanzania.

Rahim, Abdul. 2008. Pengantar, Teori dan Kasus. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.05.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.