Pendapatan Usahatani Jambu Getas Merah di Kelompok Tani Makmur I ACC Desa Tambahrejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah

Djoko Sumarjono, Sri Roso Satmoko, Siwi Gayatri

Abstract


Jambu Getas Merah di masyarakat pedesaan diusahakan dalam sistim usahatani dan petaninya tergabung dalam kelompok tani. Kelompok Tani Makmur I ACC Kabupaten Kendal menjadi studi kasus dalam penelitian ini mengingat  anggota kelompok ini sudah lama berkecimpung dalam usaha jambu getas merah, adanya fasilitas pengolahan pasca panen, mempromosikan produk melalui website, dan kerjasama yang baik dengan instansi di daerah dan perguruan tinggi. Penelitian dilakukan  pada Februari-Maret 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis Pendapatan bersih usahatani (Net Farm Income), Tingkat keuntungan (Profitability), PendapatanTenaga Kerja Keluarga (Return to family labour), Pendapatan Tunai Usahatani (Farm net cash Flow). Data  usahatani petani Jambu Getas Merah diambil  dengan wawancara berdasar pedoman kuesioner kepada seluruh anggota kelompok sebanyak (32) orang, kemudian dianalisis  dengan  statistic deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendapatan bersih Petani (Net Farm Income)/tahun sebesar Rp. 6.554.698,53/tahun, tingkat keuntungan (profitability) sebesar 27,71%/tahun, pendapatan tenaga kerja keluarga (Return to family labour)  Rp 3.726,90/jam dan pendapatan tunai usahatani (Farm net cash Flow) adalah Rp. 22.646.859,38/tahun. Berdasarkan analisis petani sudah mampu untuk membayar bunga kredit 10% dan angsuran selama 5 tahun dari  investasi awal  Rp. 71.091.348,04. Disarankan adanya fasilitas yang meningkat untuk mengembangkan  teknik  usaha dan permodalan

Keywords


Pendapatan usahatani, jambu getas merah

Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2016. Produksi, Handling Dan Pemasaran Jambu Getas Merah Kelompok Tani Makmur Desa Tambahrejo Kecamatan Pagerruyung Kabupaten Kendal. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Pertanian Fakultas Peternakan Dan Pertanian UNDIP.

D. M. A. Ariyani, S. I. Santoso, dan A. Setiadi. 2017. Analisis Profitabilitas Usahatani Jambu Biji Getas Merah Di Kabupaten Kendal. Agromedia, Vol.35, No.2.

Nakasoke, HY. and RE. Paull. 2009. Tropical Fruits. CAB Interntional. New York. 432 p.

Parimin, S.P. 2005. Budidaya Jambu dan Ragam Pemanfaatannya. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sahutu, S dan Sjaifullah. 2011. Kajian Fisik dan Kimia Beberapa Varietas Jambu Biji. J. Hort. 1(4): 53-56. ]

Soekartawi, John L. Dillon, J. Brian Hardaker, A. Soeharjo. 1986. Ilmu Usahatani Dan Penelitian Untuk Perkembangan Petani Kecil. Penerbit UI.

Warintek.ristekdikti.go.id/pertanian/ diakses 28 September 2016. Budidaya Jambu Biji.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.05.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.