Analisis Optimalisasi Produksi Pada Produk Olahan Jintan Hitam (Nigella Sativa) (Studi Kasus di Agroindustri PT Agaricus Sido Makmur Sentosa, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)

Elva Rahmat W, Rosihan Asmara, Silvana Maulidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem produksi pada produk olahan jintan hitam PT Asimas, menganalisis keuntungan optimal dari produksi produk olahan jintan hitam. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif berupa metode deskriptif yang digunakan untuk mengidentifikasi sistem produksi olahan jintan hitam PT Asimas dan analisis kuantitatif dengan alat analisis linear programming digunakan untuk menganalisis keuntungan optimal dari produksi produk olahan jintan hitam. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa sistem produksi pada agroindustri olahan jintan hitam untuk subsistem persediaan dan kebutuhan produksi, perusahaan menyediakan sumberdaya lebih tinggi dibanding kebutuhan mulai dari bahan penunjang, hingga tenaga kerja, sedangkan pada bahan baku memiliki jumlah ketersediaan yang sama dengan kebutuhan. Untuk hasil jadi total produk kaplet jintan adalah 2.250 unit per proses produksi dengan harga jual Rp 25.600,-, produk ekstrak kental jintan hitam adalah 436 botol dengan harga jual Rp 30.800,-, dan produk kaplet ramuan 3 dimensi adalah 1.002 unit dengan harga jual Rp 28.000,-. Sedangkan hasil analisis kuantitatif dengan linear programming, keuntungan optimal dari produksi produk olahan jintan hitam menunjukkan bahwa kombinasi output optimal yang diperoleh adalah dengan memproduksi kaplet jintan hitam sebanyak 2.857 unit, ekstrak kental sebanyak 388 unit, dan kaplet ramuan 3 dimensi sebanyak 763 unit. Sedangkan keuntungan optimal yang dapat diperoleh perusahaan memiliki nilai lebih tinggi dengan selisih Rp 3.176.225,- dibanding keuntungan aktual

Keywords


Optimalisasi Produksi, Sistem Produksi, Agroindustri, Jintan Hitam

Full Text:

PDF

References


Akbar, Helmud Zulvikar. 2009. Analisis Optimalisasi Produksi Agroindustri Sambal Pecel Blitar. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Asmara, R., & Putri, W. N. (2011). Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Usaha Agroindustri Minyak Cengkeh. Agricultural Socio-Economics Journal, 11(1), 44.

Austin, J.E. 1981. Agroindustrial Project Analysis. London: The John Hopkins University Press.

BPS. 2015. Kondisi Ketenagakerjaan Umum di Indonesia Februari 2015. http://pusdatinaker.balitfo.depnakertrans.go.id//index.php?section=pyb&period=2015-02-01#gotoPeriod. Diakses 28 Juni 2015.

Elizabeth, Juvena. 2009. Optimalisasi Produksi Karet Olahan Ribbed Smoked Sheet (Kasus : Perkebunan Widodaren, Kabupaten Jember, Jawa Timur). Skripsi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Nergiz C, Otles S. 1993. Chemical Composition of Nigella sativa L. seeds. J Food Chem.

Saragih, Bungaran. 2000. Kumpulan Pemikiran ; Agribisnis Berbasis Peternakan. Ed-2. Bogor: Pustaka Wirausaha Muda.

Soekartawi. 1992. Linear Programming Teori dan Aplikasinya Khususnya dalam Bidang Pertanian. Jakarta: Rajawali Press.

Soesastro, Hadi., dkk. 2005. Pemikiran dan Permasalahan Ekonomi di Indonesia dalam Setengah Abad Terakhir. Yogyakarta: Kanisius.

Supranto, Johannes. 1998. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: UI-Press.

Taha, H.A. 1996. Riset Operasi Suatu Pengantar Jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris. Jakarta : Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.