Analisis Daya Saing Kopi Indonesia

Ria Lestari Baso, Ratya Anindita

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia, yaitu sebagai penghasil devisa, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah (Disbun, 2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif kopi Indonesia. Metode analisis yang digunakan yaitu Revealed Comparative Advantage dan Porter Diamond Theory. Hasil analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan bahwa kopi dari keempat negara memiliki keunggulan komparatif di atas rata-rata pasar dunia. Hasil analisis empat atribut Teori Berlian Porter dalam menyusun keunggulan kompetitif kopi Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan pada faktor kondisi terkait sumber daya alam dan memiliki kelemahan pada faktor kondisi terkait sumberdaya manusia, IPTEK, serta ketersediaan infrastruktur.

Keywords


Perdagangan internasional, keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif, Revealed Comparative Advantage, Porter Diamond Theory

Full Text:

PDF

References


AEKI. 2016b. Luas Areal dan Produksi. Diakses melalui http://www.aeki-aice.org/page/areal-dan-produksi/id pada tanggal 09 Juli 2016.

Asmara, R., & Hanani, N. (2014). Strategi Peningkatan Daya Saing Komoditas Pertanian. Gunung Samudera [PT Book Mart Indonesia].

Diaz KV. 2009. Global Coffee Industry: pitfalls, successes and future per pectives. Thesis. Aarhus (DK): Aarhus School of Business.

Ditjenbun. 2015. Statistik Perkebunan Indonesia: Kopi Tahun 2014-2016. Diakses melalui http://ditjenbun.pertanian.go.id/tinymcpuk/gambar/file/statistik/2016/KOPI%202014-2016.pdf pada tanggal 07 Juli 2016.

FAOSTAT. 2016. Food and Agriculture Organization. Diakses melalui http://FAOSTATstat3.FAOSTAT.org/download/Q pada 13 Februari 2016.

GAEKI. 2016. Standar Mutu. Diakses melalui http://gaeki.or.id/standar-mutu/ pada tanggal 08 Juli 2016.

Halwani, R Hendra. 2002. Ekonomi Internasional dan Globalisasi Ekonomi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 2016. Perkembangan Ekspor Kopi menurut HS 6 digit. Diakses melalui http://www.kemendag.go.id/id/economic-profile/indonesia-export-import/export-growth-hs-6-digits pada tanggal tanggal 12 Februari 2016.

Porter, Michael E.1990. The Competitive Advantage of Nations. Macmillan Press. Hongkong.

Prahadi, Yeffrie Yundiarto. 2015. Rahasia Sukses Kapal Api Menembus Pasar Global. Diakses melalui http://swa.co.id/business-champions/brands/rahasia-sukses-kapal-api-menembus-pasar-global pada tanggal 03 Agustus 2016.

Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rau, Anneke. 2014. Analisis Daya Saing Kopi Indonesia Di Pasar Internasional. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Winantyo, dkk. 2008. Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015: memperkuat sinergi ASEAN dalam komrtupetisi global. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.01.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.