Manajemen Usahatani dan Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Petani Padi Organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Dian Puspa, Rudi Wibowo, Julian Adam Ridjal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Manajemen usahatani padi organik kelompok tani “Tani Jayaa II” (2) Proses sertifikasi organik kelompok tani “Tani Jaya II”, dan (3) Faktor-faktor pengambilan keputusan petani dalam menerapkan usahatani padi organik di kelompok tani “Tani Jaya II”. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif analitik. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan disproportionate random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen usahatani yang dilakukan kelompok tani “Tani Jaya II” sudah menerapkan 5 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan, namun, masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan perencanaan kelompok tani; (2) Proses sertifikasi organik kelompok tani “Tani Jaya II” dilakukan pada tahun 2012 di LeSOS yang kemudian melakukan perpanjangan sertifikasi (re-sertifikasi) organik pada tahun 2015 yang berlaku 3 tahun dan proses sertifikasi terdiri dari permohonan awal sertifikasi, pra inspeksi, tinjauan dokumen, pelaksanaan inspeksi, sidang komisi sertifikasi, dan pemberian sertifikasi organik; (3) Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan petani padi organik adalah umur, pendapatan, pendidikan, pengalaman usahatani, luas lahan dan pelatihan metode organik, sedangkan faktor lain seperti jumlah anggota berpengaruh tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan petani padi organik dengan taraf kepercayaan 90%.


Keywords


Manajemen usahatani, sertifikasi organik, pengambilan keputusan, petani organik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Direktorat Pangan dan Pertanian Bappenas. 2014. Penyusunan RPJMN 2015-2019. Bidang Pangan dan Pertanian. Jakarta : Direktorat Pangan dan Pertanian Bappenas.

Firdaus, M. 2012. Manajemen Agribisnis. Jakarta : Bumi Aksara.

Hadiwijaya, R. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Usahatani Padi Organik di Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Kernalis, E., dan Lubis, A. 2017. Analisis Pendapatan dan Faktor-Faktor Penentu Keputusan Petani dalam Berusahatani Padi Sawah Organik dan Padi Sawah Anorganik (Studi Kasus Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari). Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan. 1(1): 25-36.

Mayrowani, H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi. 30 (2): 91-108.

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : PT. Pustaka LP3ES.

Statistik Pertanian Organik Indonesia. 2014. Statistik Pertanian Organik Indonesia 2014. Jakarta: Aliansi Organik Indonesia.

Sugiarto. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.04.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.