Partisipasi Penduduk dalam Kampung Wisata dengan Menerapkan Theory of Planned Behavior

Alfianita Pramudyawardani, Rachman Hartono

Abstract


Pada hakikatnya pembangunan kepariwisataan tidak bisa lepas dari sumber daya dan keunikan komunitas lokal, baik berupa elemen fisik maupun non fisik (tradisi dan budaya), yang merupakan unsur penggerak utama kegiatan wisata itu sendiri sehingga semestinya kepariwisataan harus dipandang sebagai kegiatan yang berbasis komunitas atau berbasis masyarakat lokal. Agrowisata Petik Jeruk, Kampung Wisata Tani, dan Kampung Organik adalah lokasi penelitian yang digunakan dengan populasi 119 rumah diseluruh lokasi. Dari jumlah populasi yang ada, 93 orang yang diambil menjadi responden. Dari 93 responden yang tersebar di tiga lokasi kurangnya niat untuk berpartisipasi, namun responden tetap ingin melanjutkan berpartisipasi dalam kampung wisata. Sehingga peneliti tertarik untuk melihat fenoma tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh variabel sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap partisipasi melalui perantara niat dalam kampung wisata di tiga lokasi yang berbeda. (2) Menganalisis pengaruh niat terhadap partisipasi penduduk dalam kampung wisata di tiga lokasi yang berbeda. (3) Menganalisis pengaruh secara langsung antara kontrol perilaku terhadap perilaku partisipasi penduduk dalam kampung wisata di tiga lokasi yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penduduk di tiga lokasi berniat untuk terus berpartisipasi dalam kampung wisata. Sikap penduduk di Agrowisata Petik Jeruk dan di Kampung Wisata Tani adalah positif, sedangkan di Kampung Organik adalah ragu-ragu. Norma subjektif penduduk di Agrowisata Petik Jeruk dan Kampung Wisata Tani adalah ragu-ragu, sedangkan di Kampung Organik negatif. Kontrol perilaku penduduk di tiga lokasi adalah ragu-ragu. Niat penduduk di tiga lokasi adalah positif

Keywords


Partisipasi penduduk dalam kampung wisata; Theory of Planned Behavior

Full Text:

PDF

References


Adiyoso, Wignyo. 2009. Menggugat Perencanaan Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Ajiswarman. 1996. Partisipasi Perantau Minang dalam Pembangunan Pedesaan (Studi Kasus: Kelompok Tani Subur Jaya, Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Jurnal Sarjana Pertanian. IPB. Bogor.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Bheavior and Human Decision Processes, 50, 179-211. Https://Doi.Org/10.1016/07495978(91)90-020-T.

Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality and Behavior. 2nd edition. McGraw-Hill Professional Publishing. New York: Open University Press.

Ajzen, I. 2010. Constructing A Theory of Planned Behavior Questionnaire Biofeedback and Selfregulation, 17, 1-7. Retrieved from https://doi.org/10.10-16/0749-5978(91)90020-T.

Amir, Sutaarga. 1969. Museografi dan Museologi. Capita Selecta. Direktorat Museum, Ditjen. Kebudayaan Departemen P&K. Jakarta.

Bryson, J.M. 2007. Perencanaan Strategi Bai Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. 2012. Dictionary of Psychology. New York. Dell publishing Co.Ins

Damanik, Janianto. 2009. Isu-isu Krusial dalam Pengelolaan Desa Wisata Dewasa Ini. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Vol. 5 (3): 127-137.

Doob, L.W. 1947. The Behavior of Attitudes. Psychological Review.

Erwiantono. 2006. Kajian Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Kawasan Teluk Pangpang-Banyuwangi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Ekosistem Perairan Pesisir.

Fithriadi, Riri. 1997. Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering di Indonesia. Kumpulan Informasi. Bogor: Pusat Penyuluhan Kehutanan.

Fischbien, M dan Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Reseach. London: Addison-Wesley.

Fischbien, M dan Ajzen, I. 2010. Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. New York: Psychology Press.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

In’ami, Hamdan., Wiyono, Agung., dan Natasaputra, Juardi. 2009. Kajian Peran Serta Petani dalam Upaya Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi (Studi di Daerah Irigasi Tilong, Kabupaten Kupang-NTT). Jurnal Magister Pengelolaan Suberdaya Air. ITB. Bandung.

Isbandi, Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press.

Lane. 1994. What is Rural Tourism. Journal of Sustainable Tourism. Vol. 2: 7-21.

Lee et.al. 2017. Understanding Factors Associated with Songaporean Adolescents’ Intention to Adopt Privacy Protection Behavior. Media Development Authority of Singapore Academic Engagement Programme.

Manalu, Yosafat Martunas. 2016. Hubungan Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Desa Ujungalang. Jurnal Ekologi Manusia. IPB. Bogor.

Murphy, P.E. 1985. Tourism A Community Approach. Metheun: New York.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. (R. E. Sikumbang, Ed) (Sepuluh). Bogor: Ghalia Indonesia.

Pangestu, M.H.T. Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Kegiatan Perhutanan Sosial (Studi Kasus: KPH Cianjur, Jawa Barat). Tesis. Pascasarjana IPB. Bogor.

Pratiwi, N.A., dan Hartoyo. 2014. Analysis Life Insurance Purchase Intention of Collage Student: The Application of The Theory of Planned Behavior. jur. Ilm Kel. & Kons., Januari 2014, p: 58-66 Vol.7.

Purnamasari, Irma. 2008. Tesis Studi Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Ramdhani, Neila, 2011. Penyusunan Alat Pengukuran Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi. UGM. Yogyakarta.

Rusdianti, K. 2012. Konservasi Lahan Hutan Mangrove Serta Upaya Penduduk Lokal dalam Merehabilitasi Ekosistem Mangrove. Jurnal Sosiologi Pedesaan.

Timothy, D.J. 1999. Participatory Planning a View of Tourism in Indonesia. Annuals Review of Tourism Research. XXVI (2).

Sarjono, Haryadi dan Julianita, Winda. 2011. SPSS vs Lisrel. Salemba Empat: Jakarta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Senger et.al. 2016. Using the Theory of Planned Behavior to Undertand the Intention of Small Farmers in Diversifying Their Agricultural Production.

Setijanti, Purwanita dan Ariatita, Putu Gede. 2015. Konsep Pengembangan Kampung Nelayan Pasar Bengkulu Sebagai Kawasan Wisata.

Soeliman, Holli. 1980. Partisipasi Sosial dalam Usaha Kesejahteraan Sosial. Bandung.

Soetomo. 2008. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Sutton, S., et.al. 2003. Eliciting Salient Beliefin Research on the Theory of Planned Behavior: The Effect of Quenstion Wording. University of Cambridge.

Wiratmajda, Iwan Inrawani., Nurjanah, Noneng., dan Kurniawati, Amelia. 2017. Model Penerimaan Petani terhadap Teknologi Sistem Pertanian Organik di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Teknologi. ITB. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.05.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.