Analisis Respon Penawaran Komoditas Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) di Indonesia

Citra Saragih, Ratya Anindita, Rosihan Asmara

Abstract


Sektor pertanian mempunyai peranan yang cukup penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PBD) yang cukup besar yaitu sekitar 13,14% pada tahun 2017 atau sebagai urusan kedua setelah sektor industri pengolahan. Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas andalan hasil perkebunan di indonesia yang berperan terhadap peningkatan neraca perdagangan, menurunkan inflasi, mengurangi belanja pemerintah, dan meningkatkan real capital return. Namun permasalahan dalam mengembangkan kelapa sawit yaitu kesenjangan produksi antara potensi dan hasil yang dicapai oleh petani kelapa sawit masih cukup senjang. Kelapa sawit sebagai komoditas yang strategis memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi penawararan kelapa sawit di tingkat produktivitas dan di tingkat jumlah tanaman menghasilkan. Penelitian ini menggunakan data time series dari tahun 1989-2017 denngan mengunakan model respon penawaran tanaman tahunan yang dikembangkan oleh Franch dan Matthews  untuk mengetahui bahwa adanya respon penawaran kelapa sawit jangka pendek dan panjang, digunakan uji stasioner, uji kointegrasi dan Vector Error Correction Model (VECM). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa respon penawaran jangka pendek dan panjang di tingkat produktivitas dan jumlah tanaman menghasilkan terkointegrasi secara positif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa elastisitas respon penawaran jangka panjang dan pendek diketahui nilai elastisitas yang sama antara jangka panjang dan pendek yaitu kurang dari 1 (E<1).


Keywords


Kelapa Sawit, Respon Penawaran, Tanaman Menghasilkan, Produktivitas, Vector Error Correction Model (VECM)

Full Text:

PDF

References


Anindita,R., & Baladina, N. (2017). Pemasaran Produk Pertanian. Yogyakarta: Andi Offset.

Badan Pusat Statistik. 2007. Statistik Kelapa Sawit Indonesia. BPS, Jakarta.

BPDP. 2019. Sawit Komoditas Strategis Indonesia. https://www.bpdp.or.id/id/info-grafis/en-sawit-komoditas-strategis-indonesia/. Diakses Tanggal 17 November 2019.

Dellal, I., & Koc. A. A. (2003). An Econometric Analysis of Apricot Supply Response. International Journal of Production Ecomonics,124(1), 265-271

Heriyanto, Anindita, R., & Lestari, R. Y. (2008). Dinamika Respon Penawaran Komoditas Kacang Tanah di Indonesia, 422-430.

Lipsey, Richard George. 1995. Pengantar Mikroekonomi Jilid Satu EdisiKesepuluh. Binarupa Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.