Pemasaran Kubis (Brassica oleracea var. Capitata) di Kecamatan Baso Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.25Keywords:
kubis, saluran pemasaran, keuntungan lembaga niagaAbstract
Penelitian tentang pemasaran kubis di Kecamatan Baso Kabupaten Agam dengan pedagang perantara untuk tujuan akhir Pekanbaru, dilaksanakan mulai Oktober sampai dengan November 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai tataniaga kubis di Kecamatan Baso Kabupaten Agamdan mengatahui keuntungan yang diterima masing-masing lembaga niaga dalam saluran pemasaran kubis di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Penelitian dilakukan menggunakan metode survey dan dianalisis dengan menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hanya terdapat satu saluran tataniaga kubis yang umumnya digunakan oleh petani di Kecamatan Baso, yaitu petani → pedagang pengumpul → pedagang antar daerah → pedagang pengecer. Besarnya keuntungan yang ditererima oleh pedagang pengumpul sebesar Rp 734,45/Kg. Rp 1.170,20/Kg untuk pedagang antar daerah dan Rp 660,57/Kg untuk pedagang pengecer.References
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Agam dalam Angka 20118. Agam: BPS Kabupaten Agam.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Agam dalam Angka 2019. Agam: BPS Kabupaten Agam.
Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor: Departemen Agribisnis FEM-IPB.
Azzaino Z. 1982. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor
Direktorat Jendral Hortikultura Departemen Pertanian. 2019. Pengembangan Komoditas Hortikultura 2018. www.hortikultura.deptan.go.id [12 April 2020]
Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.
Nazir M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Saefuddin AM dan Hanafiah AM.1986.Tataniaga Hasil Pertanian. Jakarta: UI Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License