Perilaku Konsumen dalam Membeli Kopi di Masa Pandemi Covid-19 pada Coffee Shop Kota Padang

Afrianingsih Putri, Hasnah Hasnah, Hasnah Hasnah, Cindy Paloma, Cindy Paloma, Yusmarni Yusmarni, Yusmarni Yusmarni

Abstract


Kondisi pandemi Covid-19 berdampak terhadap perilaku konsumen penggemar kopi, terutama konsumen yang  melakukan pembelian di coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi konsumen dalam membeli kopi dan mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli kopi pada  coffee shop di Kota Padang selama masa pandemi. Metode yang digunakan adalah metode survei terhadap 100 konsumen kopi di 10 coffee shop (Coffee Shop Janji Jiwa, Kopi Rasa, Kopi dari Hati, Kupi Batigo, Rimbun Espresso & Brew Bar, Kubik Koffie, Bacarito Kopi, Dua Pintu Coffee, Lalito Coffe Bar, V Coffee) di Kota Padang. Variabel  yang digunakan adalah motivasi membeli serta tahapan proses pengambilan keputusan ( pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian dan pasca pembelian).  Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif dari hasil tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi konsumen untuk membeli karena suasana yang nyaman, menghilangkan kejenuhan dan rasa kopi dengan jenis kopi yang banyak dibeli yakni espresso based jenis latte (47%) dan manual brew jenis cold brew (29%). Dalam proses pengambilan keputusan pembelian pada tahap pengenalan kebutuhan,manfaat yang dominan dicari konsumen adalah rasa enak (60%). Pada tahap pencarian informasi, pembelian kopi hampir sebagian besar berdasarkan info dari teman (63%) dan adanya pengaruh media sosial (67%). Tahap evaluasi  alternatif, konsumen memilih pertimbangan kenyamanan tempat (53%). Pada tahap proses pembelian, konsumen memilih rasa produk yang enak, tempat yang nyaman dengan memperhatikan protocol kesehatan. Tahap pasca pembelian sebagian besar merasa puas terhadap kopi yang dibeli dan 92% responden akan membeli lagi.

Kata kunci : perilaku konsumen, coffee shop, motivasi


Keywords


perilaku konsumen, coffee shop, motivasi

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2017). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 100–126.

Barokah, S., Andina, A. N., & Anggiany, Z. (2020). Strategi Adaptif Kedai Kopi Coffee Break Purwokerto Dalam Upaya Menyongsong New Normal. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Strategi, 1(12), 150–160.

Cholilawati, & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, IX(1), 18–24.

Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe ( Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda Di Kota Denpasar ). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 1(1).

Filus Fredik, T., & Indra Dewi, S. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jisip, 7(2), 84. Retrieved from www.publikasi.unitri.ac.id

Sugianto.Danang.2019. Hasil Riset: Kedai Kopi di RI Bertambah 2.000 Dalam 3 Tahun, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4826275/hasil-riset-kedai-kopi-di-ribertambah-2000-dalam-3-tahun. Diakses 10 januari 2020

Herlyana, E. (2012). Fenomena Cofee Shop sebagai Gejala Gaya Hidup Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 187–204.

Hutauruk, M. R. (2020). Keterterapan Bauran Pemasaran 4C pada Keputusa Konsumen Untuk Memilih Kafe Outdoor yang Dimoderasi oleh Perilaku Konsumen Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Inossa |, 2(December), 80–91.

Ibrahim, K., Triwardhani, D., & Marzuki, F. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Pada Generasi Milenial. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 643–655.

Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 60–74.

Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Larlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore, 4(2528), 13–22.

Prajasantana, K. A., Mardiartmi, A. B. D., & Argo, J. G. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Fore Coffee Senopati (Studi Pada Masa Pandemi Covid-19). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 187–200.

Pratiwi, N. M. I., & Yasa, N. N. K. (2019). The Effect Of Store Atmosphere , Social Media Marketing , And Lifestyle On Purchase Decisions On Consumers Of The Alleyway Cafe. European Journal of Management and Marketing Studies, 4(4), 85–100. https://doi.org/10.5281/zenodo.3592913

Putri, A., Hariance, R., & Nofialdi. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Produk pada. Jurnal Lahan Suboptimal : Journal of Suboptimal Lands, 6(1), 1–6. Retrieved from http://jlsuboptimal.unsri.ac.id/index.php/jlso/article/view/275/299

Putri, A., Yusmani, Y., Paloma, C., & Zakir, Z. (2018). Kinerja Faktor Produksi Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2018.007.03.7

Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z Antara Coffee Shop Besar Dan Coffee Shop Kecil Di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., & Sukayat, Y. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan dan Loayalitas Konsumen Kedai Kopi. Mimbar Agribisnis, 6(2), 969–984.

Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39. https://doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.637

Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior: Will the old habits return or die? Journal of Business Research, 117, 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059

Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Impliksinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165–173.

Sudarsono, B., & Rahman, M. T. (2020). Dampak Coronavirus Diseases (Covid-19) Terhadap Perilaku Konsumen Pengemar Kopi Giras di Jawa Timur. Eco-Entrepreneurship, 6(1), 15–24.

Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapan dalam Pemasaran) (R. Sikumbang, ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Tapaningsih, W. I. D. agus. (2020). Analisa Perilaku Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(2), 425–432.

Vindegaard, N., & Benros, M. E. (2020). COVID-19 pandemic and mental health consequences: Systematic review of the current evidence. Brain, Behavior, and Immunity, 89(May), 531–542. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2020.05.048




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.