Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Buah dan Sayur The Farmhill Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian buah dan sayur The Farmhill Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2021 di The Farmhill Store Semarang. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat berupa informasi dan bahan pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian buah dan sayur, memberikan informasi kepada produsen tentang besarnya pengaruh kesadaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosumen dan sebagai bahan pertimbangan produsen dalam melakukan branding produk. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan metode pengambilan sampel accidental sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 konsumen. Metode pengumpulan data primer dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur serta data sekunder dari literatur dan jurnal. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik dengan alat bantu Smart PLS 3.0. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai koefisien jalur pada X1 terhadap Y sebesar 0,482 dan X2 terhadap Y sebesar 0,47. Nilai t statistik X1 sebesar 5,619 dan X2 sebesar 5,641. Nilai t statistik lebih tinggi dari 1,96 yang berarti bahwa kesadaran dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen buah dan sayur The Farmhill. Nilai R square sebesar 0,82 berarti bahwa variabel eksogen menjelaskan pengaruh variabel endogen sebesar 82%. Model penelitian yang digunakan tergolong baik yang ditunjukkan oleh nilai NFI sebesar 0,762 lebih besar dari standar yaitu 0,5.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, T dan A. Afiezan. 2018. Determinasi harga saham syariah melalui analisis terhadap faktor fundamental dan makro ekonomi. J. Ilmiah Wahana Akuntansi. 13(1): 1 – 12
Alfa, G. A. A. 2017. Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. Universitas Pendidikan Indonesia. Jakarta.
Chabibi, I., L. B. Hasiholan dan C. Harini. 2018. Pengaruh kualitas layanan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat pembelian sebagai intervening. J. of Management. 1(1): 1 – 14.
Dwiyanti, E., N. Qomariah dan W. M. Tyas. 2018. Pengaruh persepsi kualitas, nama merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. J. Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia. 8(2): 148 – 163.
Edy, I. T., K. F. Mauladi dan Y. Efendi. 2020. Analisis faktor pendapatan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian barang elektronik pada UD. Dewi Sri Elektronik Lamongan. J. Media Mahardika. 19(1): 124 – 129.
Fitrah,M dan Lutfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV Jejak. Sukabumi.
Ghozali, I dan H. Latan. 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3,0. Undip. Semarang.
Hanida, V. D. 2018. Visual Branding Hot Water Boom Sapan Maluluang Solok Selatan. Universitas Negeri Padang. (Tugas Akhir)
Nabilah, Z., S, Hermuningsih. S. Wiyono. 2020. Pengaruh operating leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sector consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018. J. Bisman 3(2): 148 – 159.
Octavia, E. R dan A. I. Ismail. 2018. Penguatan branding Desa Manyaran Wonogiri sebagai destinasi wisata kampong wayang tatah sungging. J. Industri Kreatif dan Kewirausahaan. 1(1): 32 – 50.
Pangestu, M. F dan R. Suryaputra. 2015. Analisis pengaruh product image, word of mouth, kualitas peroduk terhadap keputusan pembelian buah local di Surabaya. J. Gema Aktualita. 4(2): 13 – 19.
Randang, W. 2013. Kualitas produk, atribut produk dan ekuitas merek pengaruhnya terhadap pembelian minyak goring. J. EMBA. 1(3): 701 -709.
Safitri, A., L. Damayanti dan D. A. Asih. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan buah apel impor di pasar modern Hypermart Kota Palu. J. Agrotekbis. 8(4): 748 – 756.
Saputro, R. Y., P. D. Paramita dan M. M. Warso. 2016. Pegaruh kesadaran merek, perceived quality dan price terhadao keputusan pembelian Honda Vario 125 di dealer Astra Honda Semarang. J. of Management. 2(2): 1 – 17.
Sarwono, J dan U. Narimawati. 2015. Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Penerbit Andi. Yogyakarta.
Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia Grup. Jakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Suryani, S dan S. S. Rosalina. 2019. Pengaruh citra merek, brand trust dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating (studi pada starup Business Unicorn Indonesia). J. of Bussiness Studies. 4(1): 41 – 53.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.3
Refbacks
- There are currently no refbacks.