Peningkatan Ekspor Kakao Indonesia di Pasar Internasional

Rizki Juniar Larasati, Ratya Anindita, Wiwit Widyawati

Abstract


Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang di andalkan Indonesia dalam aktivitas ekspor pertanian karena kakao berpotensi untuk membuka pasar baru sebagai bentuk perluasan pasar domestik Indonesia. Tetapi ekspor kakao Indonesia ke negara tujuan ekspor kakao mengalami perbedaan volume ekspor. Terjadinya perbedaan tersebut diduga karena terdapat pengaruh dari faktor-faktor model gravitasi yaitu perbedaan jarak antarnegara dan tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor model gravitasi, yaitu jarak antarnegara dan PDB negara tujuan serta menambahkan faktor nilai tukar riil dan kebijakan bea keluar terhadap peningkatan ekspor kakao Indonesia. Metode analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan metode fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor PDB negara tujuan, jarak antarnegara, nilai tukar riil, dan kebijakan bea keluar memiliki pengaruh nyata dan signifikan terhadap peningkatan ekspor kakao Indonesia.

Keywords


ekspor kakao; PDB; jarak; nilai tukar, kebijakan bea keluar

Full Text:

PDF

References


BPS. (2020). Statistik Kakao Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik Indonesia.

Carolina, L. T., & Aminata, J. (2019). Analisis Daya Saing Dan Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Batu Bara. Economics, 1, 9–21.

Dinas Pertanian. (2007). Prospek Dan Arah Pengembangan Agribisnis Kakao: Edisi Kedua. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian.

Direktorat Jenderal Perkebunan. (2016). Statistik Perkebunan Indonesia: Kakao 2015-2017. Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan.

Gujarati, Damodar N. Porter, D. C. (2009). Basic Econometrics. The MCGraw Hill Companies.

Kementerian Pertanian. (2016). Outlook Kakao. In Pusat Data dan Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal.

Meiri, A., Nurmalina, R., & Rifin, A. (2013). Analisis Perdagangan Kopi Indonesia Di Pasar Internasional. Buletin Ristri, 4(1), 39–46. http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bultri/article/view/2378/2066

Sunardi, Deki. Oktaviani, Rina. Novianti, T. (2014). Analisis Daya Saing Dan Faktor Penentu Ekspor Komoditas Unggulan Indonesia Ke Organisasi Kerjasama Islam. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 3(2), 95–110.

Suryana, A. T., Fariyanti, A., & Rifin, A. (2014). Analisis Perdagangan Kakao Indonesia Di Pasar Internasional. Tanaman Industri Dan Penyegar, 1(1), 29–40.

Sutikno, B., Faruk, A., & Dwipurwani, O. (2017). Penerapan Regresi Data Panel Komponen Satu Arah untuk Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 1. https://doi.org/10.24198/jmi.v13i1.11383

Tri wahyudi, S., & Saras Anggita, R. (2015). The Gravity Model of Indonesian Bilateral Trade. International Journal of Social and Local Economic Governance, 1(2), 153–156. https://doi.org/10.21776/ub.ijleg.2015.001.02.9

UN Comtrade. (2019). International Trade Statistics Yearbook 2018 Volume II: Trade By Product: Vol. II. Department of Public Information United Nations. https://comtrade.un.org/pb/downloads/2015/ITSY2015VolII.pdf

Wiedhayati, D. (2013). Refreshing Cocoa Bean From Indonesia. Ministry Of Trade Republik Indonesia. https://doi.org/10.1016/S0033-8338(08)71941-6




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.