Analisis Efisiensi Pemasaran Jamur Tiram Di Kota Pontianak

Bayu Try Wibowo, Erlinda Yurisinthae, Wanti Fitrianti

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perbedaan harga jamur tiram di tingkat konsumen dengan harga di tingkat petani dan dugaan adanya peran beberapa pedagang dalam memasarkan jamur tiram di Kota Pontianak. Berdasarkan kondisi tersebut, maka tujuan penelitian: (1) mengidentifikasi saluran pemasaran; (2) menganalisis margin pemasaran (3) menganalisis farmer’s share. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive di Kota Pontianak. Selanjutnya penentuan sampel penelitian menggunakan metode snowball sampling, jumlah sampel ada 15 petani, 2 reseller, 2 retailer, dan 6 pengecer. Data diperoleh dengan wawancara dan dari beberapa referensi yang tersedia. Hasil penelitian di lapangan disajikan dalam bentuk tabel, kemudian dianalisis secara kuantitatif yang terdiri dari marjin pemasaran dan bagi hasil. Analisis kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan hasil pengolahan data yang telah diperoleh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan: (1) Pemasaran jamur tiram di Kota Pontianak terdiri dari 4 saluran pemasaran; (2) Total marjin pemasaran adalah sebagai berikut: Saluran I, marjin pemasaran Rp. 0; Saluran II, marjin pemasaran Rp.32.000; Saluran III, marjin pemasaran Rp.45.000; Saluran IV, marjin pemasaran Rp.40.000 (3) Bagian petani adalah sebagai berikut: Saluran I, bagian petani adalah 100%; Saluran II, bagian tani 69,3%; Saluran III, bagian petani 40%; Saluran IV, bagian petani 42,9%.


Keywords


Pemasaran, efisiensi, saluran pemasaran, jamur tiram.

Full Text:

PDF

References


Alex, S. (2011). Untung Besar Budidaya Aneka Jamur. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Azzaino, Z. (1991). Pengantar Pemasaran Pertanian. Bogor: Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Institut Pertanian Bogor.

BPS Kal-Bar. (2019). Kalimantan Barat Dalam Angka. Pontianak: Badan Pusat Statistik.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo.

Rahmat, Suryani, & Nurhidayat. (2011). Untung Besar Dari Bisnis Jamur Tiram. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Saptarini, E. M., Badriah, L. S., & Istiqomah. (2019). Analisis Efesiensi Saluran Pemasaran Jamur Tiram di Kabupaten Purbalingga. AL-AMWAL: JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARI'AH, 11(1), 95-108.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibawa, M. S. (2015). Analisis Rantai Pasok Jamur Tiram di Kota Denpasar. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.