Daya Saing Produk Kelapa Indonesia Di Negara Tujuan

Ismuhar Andhika, Rachmat Pambudy, Ratna Winandi

Abstract


Indonesia merupakan negara produsen kelapa terbesar di dunia, namun potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia yang mana ekspor produk kelapa dunia masih di dominasi oleh negara produsen lainnya. Penelitian ini menganalisis daya saing ekspor tiga produk unggulan kelapa Indonesia yaitu kelapa parut atau kering, crude coconut oil (CCO), dan virgin coconut oil (VCO) terhadap negara tujuan utama dengan meilihat keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Metode yang digunakan Revealed Symetric Comparative Advantage (RSCA) dan Export Product Dynamic (EPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor produk kelapa kering atau parut, Virgin Coconut Oil (VCO), Crude Coconut Oil (CCO) Indonesia memiliki daya secara komparatif dan kompetitif yang beragam. Namun, daya saing ekspor produk kelapa kering atau parut Indonesia di negara tujuan memiliki daya saing yang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara pesaing utama Filipina. Posisi pangsa pasar ekspor produk kelapa parut atau kering Indonesia ke sebagain besar negara tujuan berada di falling star, sedangkan untuk ekspor produk kelapa VCO sebagian besar negara tujuan berada di lost opportunity dan retreat untuk ekspor produk kelapa CCO.


Keywords


Produk Kelapa, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Produk Domestik Bruto (PDB) lapangan usaha pertanian berdasarkan harga konstan 2010. [Internet]. [diunduh pada 2020 September 25]. Tersedia pada: www.bps.go.id.

[Ditjenbun] Direktorat Jenderal Perkebunan. 2020. Statistik Perkebunan Kelapa Indonesia 2018 – 2020. Jakarta (ID): Ditjenbun

Estherhuizen D. 2006. Measuring and Analyzing Competitiveness in the Agribusiness Sector. Methodological and Analytical Framework. University of Pretoria.

[FAOSTAT] Food and Agriculture Organization Corporate Statistical Database.

FAO Data-bases and Data-sets. [internet] [diunduh 2020 Agustus 20]. Tersedia pada: http://www.fao.org/faostat/en/#data/QC/visualize

Subangka W. 2017. Faktor-faktor yang Memengaruhi Daya Saing Minyak Kelapa Olahan Indonesia ke Negara Utama Tujuan Ekspor [Tesis]. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Tambunan T. 2003. Industrialisasi di Negara Sedang Berkembang, Kasus Indonesia. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.

Trademap. 2020. List of Exported Products for The Selected Product. [internet] [diunduh 2020 Agusuts 20]. Tersedia pada:https://trademap.org/Product_SelProduct_TS.aspx?nvpm




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.