Kajian Sistem Pemasaran Hasil Perikanan di Pelabuhan Nusantara (PPN) Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

M. Khairul Anam, Ika Purnamasari, Dian Nur Oktari

Abstract


Pemasaran ikan khususnya pada perikanan skala kecil seringkali belum mencapai kondisi yang ideal. Hal ini terjadi karena adanya penguasaan jalur pemasaran oleh beberapa pelaku perikanan. Tujuan penelitian untuk Mengidentifikasi Produksi komoditas hasil dari tangkapan nelayan dan menganalisis sistem pemasaran di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Metode dalam pengambilan sampel untuk subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil menunjukkan bahwa saluran pemasaran tipe I adalah yang paling efisien dibandingkan saluran tipe II dan saluran tipe III, karena saluran pada tipe I nilai margin nya lebih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Margin Pemasaran (MP), yaitu makin rendah margin pemasaran, maka makin efisien kegiatan pemasaran dilakukan. Selain itu nilai persentase producer’s share nya > 50%. Selain itu, Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan strategi pemasaran hasil tangkapan ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan kegiatan sebagai berikut; Meningkatkan produksi, mengoptimalkan peran sumber daya manusia untuk meningkatkan pemasaran produk di pasar (S1- O1), peningkatan kontinuitas dan penyebaran yang lancar (S2-O3), tingkatkan pangsa pasar dengan sistem optimasi penjualan dan pemasaran yang kuat (S3-O3), Pemberdayaan sumberdaya manusia untuk memperlancar pemasaran hasil tangkapan (S1-03), mengoptimalkan kualitas ikan sesuai permintaan pasar untuk mencapai harga pasar (S3-04), Sosialisasi tenaga kerja untuk memahami peran Pemerintah dalam menjamin keselamatan nelayan. (S4-O2).

Keywords


Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Harahab, N., Asmarawati, N. (2017). Pemasaran Hasil Perikanan. Malang: UB press.

Apriono, D, E, Dolorosa, dan Imelda. (2012). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Lele di Desa Rasau Jaya 1 Kecamatan Jaya Kabupaten Kubu Jaya. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 1 (3): 29-36.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2019). Produksi Ikan menurut Kabupaten/Kota. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/04/22/1429/produksi-ikan-menurut-kabupaten-kota-sub-sektor-dan-jenis-perikanan-ton-2017.html (Online). Diakses pada tanggal 06 Februari 2022

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Pelabuhan Perikanan. https://www.bps.go.id/publication/2021/11/29/da710b3ec62462dc4508fe24/statistik-pelabuhan-perikanan-2020.html (online). Diakses pada tanggal 06 Februari 2022

Harahap I.F., Pratama A.T., Rizal A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Tradisional Di Desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional & Expo Ii Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.

Haryanti, D., Mahreda, E. S., & Mustika, R. (2015). Analisis efisiensi pemasaran ikan patin (Pangasius Sp) di Cindai Alus Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, 5(1), 47-54.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2020). Konservasi Perairan Sebgai Upaya Menjaga Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia. https://kkp.go.id/djprl/bpsplmakassar/artikel/19908-konservasi-perairan-sebagai-upaya-menjaga-potensi-kelautan-dan-perikanan-indonesia (online). Diakses pada tanggal 05 Februari 2022

Kurniati S.& Jumanto. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Ikan Nila Di Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau. Jurnal Agribisnis , 19(1).

Lubis E. (2011). Kajian Peran Strategis Pelabuhan Perikanan Terhadap Pengembangan Perikanan Laut. Jurnal Sumberdaya Perairan, 2(5):1-11.

Nurhayatin O., Mudzakir A., Wibowo A. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Prigi Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Journal Of Fisheries Resources Utilization Management And Technology , 5(1).

Profil PPN Brondong Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. (2018)




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.