Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen di Kabupaten Pekalongan

Aulia Safira Fitri, Ratya Anindita, Condro Puspo Nugroho

Abstract


Berdasarkan data Departemen Perindustrian, menunjukkan terdapat 56 industri pengolahan coklat berskala besar di Indonesia, sehingga banyaknya industri tersebut menunjukkan bahwa industri ini mempunyai tingkat persaingan yang ketat dan memiliki peluang cukup besar. Cokelat SilverQueen merupakan salah satu produk cokelat yang populer dan mampu bersaing dengan pasar cokelat yang ada di Indonesia. Namun Top Brand Index (TBI) SilverQueen menurun dari persentase 76,30% pada tahun 2016 menjadi 61,70% pada tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan konsumen pada produk cokelat SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, menganalisis loyalitas merek cokelat SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, serta menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan tergolong pada penelitian survei dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis sosial ekonomi responden, analisis deskripsi variabel penelitian, dan analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan. Pengaruh secara langsung karakteriktik produk, harga, dan saluran distribusi terhadap loyalitas, yaitu signifikan. Namun promosi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan, pengaruh secara tidak langsung yakni terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas dengan menggunakan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator. Selain itu, pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas adalah signifikan.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Loyalitas

 


Keywords


Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Apriliani, D., S, N. B., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan , brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi, 1(1), 19–28.

Azmi, M., Suharyono, & Sunarti. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa yang Menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 175–184. https://media.neliti.com/media/publications/86445-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keput.pdf

Badan Pusat Statistik. (2019). Volume Ekspor Biji Kakao. Badan Pusat Statistik (BPS). http://www.bps.go.id/

Cardia, D., Santika, W., & Respati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781.

Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, Hutagaol, J., & Samvara, M. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT . Hamsa Tour and Travel. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 2(2), 378–391.

Herawati, N., & Qomariyah, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta). Jurnal of Marketing and Commerce, 4(1), 1–15.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan , dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelan Roti Ceria di Jember. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 84–93.

Inayati, T. (2018). Strategi Manajemen SDM, Orientasi Pasar, dan Kinerja UKM. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 14(2), 120–131.

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78.

Kamaluddin, & Iriani, N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi di Sungguminasa. Jurnal Economix Volume, 6(1), 53–60.

Luthfianta, M. R. (2014). Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada AHASS 844 Sidomakmur Blitar). Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi, 1(1), 1–23.

Margaretha, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Konsumen Penikmat Rokok Tambang Emas Alami Dan Coklat Alami). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2), 54–69.

Mashuri. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64.

Mastuti, R., & Alfiansyah. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Respon Petani Pada Usahatani Kakao ( Theobroma cacao ) di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 3(1), 107–117.

Musyaffa, N., & Ngatno. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Penumpang Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Sindoro PT . KAI DAOP IV Semarang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(4), 1–10.

Noorhayati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Muara Teweh). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(1), 42–52.

Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 CAFE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dqan Akuntansi, 5(3), 465–493.

Pangaila, P., Worang, F., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek ( Study on Go-Ride Service Users in Manado City). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akutansi, 6(4), 2778–2787.

Perindustrian, Departemen. (2007). Gambaran Sekilas Industri Kakao. In Departemen Perindustrian.

Prasetyo, A. A. (2019). Analisis Pengaruh Marketing Mix Keputusan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pegadaian Syariah Semarang). UIN Walisongo Semarang.

Rufliansah, F. F., & Hermani, A. D. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401.

Santosa, M. S. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Yakult di Wonosobo. Ilmu Manajemen, 7(2), 1–15.

Saputra, A. S. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Motivasi Kerja (Studi Kasus Di Hotel Merah Group Magetan). In Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Top Brand Award. (2021). Top Brand Index Kategori Cokelat Batang. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=silverqueen

Wahyudi, R., & Budiarti, A. (2019). Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Dimediasi Kepuasan Konsumen Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (PERSERO) di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(9).

Yohana, G. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Medin Beauty ). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.