Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Jagung Nasa 29 di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso

Sherley Siseraf Pamusu, Yunus Paelo

Abstract


Jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang dapat dipergunakan sebagai pengganti padi, selain itu juga dapat dipergunakan sebagai pakan ternak. Pengembangan jagung nasa 29 merupakan suatu program akselerasi pengembangan komoditas unggulan daerah Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Poso yang dirancang sebagai suatu upaya terobosan yang diyakini mampu memberikan kontribusi yang tinggi pada peningkatan pendapatan masyarakat khususnya pelaku agribisnis jagung dari hulu sampai hilir, hal ini sesuai dengan program Kementerian Pertanian.  Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui besarnya pendapatan pada usahatani jagung satu kali musim tanam di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso, 2. Untuk mengetahui besarnya R/C pada usahatani jagung satu kali musim tanam di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso. Sampel petani yang digunakan sebanyak 55 responden dan pengumpulan data menggunakan teknik random sampling method.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan petani  jagung dalam satu musim tanam sebesar Rp 16.554.666, 00 dan R/C ratio usahatani sebesar 3,33 hal ini menunjukkan bahwa usahatani jagung nasa 29 di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso layak diusahakan untuk mencapai kesejahteraan petani.

 

 

Kata Kunci: jagung nasa 29, pendapatan, analisis lelayakan, usahatani

 


Keywords


jagung nasa 29, pendapatan, analisis lelayakan, usahatani

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. 2012. Dinamika Perkembangan Harga dan Analisis Daya Saing Usahatani Jagung di Provinsi Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional Petani dan Pembangunan Pertanian. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian.

Agus Baba, Nurhapsa, Muhdiar (2021). Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usahatani Jagung Kuning Di Desa Labuku Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Pabean. Vol 3 No 1 Januari.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Poso. 2015. Poso dalam Angka: Luas panen, Produktivitas, dan Produksi Jagung di Kabupaten Poso Tahun 2015. Poso: BPS Poso.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah. 2016. Sulawesi Tengah dalam Angka: Luas panen, Produktivitas, dan Produksi Jagung di Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015.

Cecep Pardani, Soetoro, Haris Hermawan. (2017). ANALISIS BIAYA, PENDAPATAN DAN R/C USAHATANI JAGUNG HIBRIDA VARIETAS BISI 2. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Volume 4 Nomor 2, Mei 2017.

Novy Nurhayati. (2018). Pengembangan Agribisnis Usahatani Jagung di Kabupaten Kotawatingin Barat. Jurnal Agrima. Vol 6 No 1 Oktober 2018. Hal 31-38.

Rahardja Pratama dan Manurung Mandala, 2008. Pengantar ilmu ekonomi. Fakultas ekonomi universitas Indonesia. Surabaya.

Siska Tirajoh, Herman Masbaitubun, Fransiskus Palobo. (2019). ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PADA LAHAN KERING DI MERAUKE, PAPUA. SEPA : Vol. 16 No.1 September 2019 : 1 – 10

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia, Jakarta.

Sofya A.Rasyid, Muhammad Syaifuddin Nasrun, Mohammad Faisal. (2021). Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Hibrida Sistem Silang Tiga Jalur Di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. Jurnal Koboratif Sains. Volume 04 Nomor 01, Januari 2021.

Suratiyah. 2009. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Statistik Indonesia. 2021. Statistik dalam Angka: Pangan Luas panen, Produktivitas, dan Produksi Jagung di Indonesia Tahun 2021.

Zakaria, A. K. 2011. Kebijakan Antisipatif dan Strategi Penggalangan Petani Menuju Swasembada Jagung Nasional. Analisis Kebijakan Pertanian.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.