Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Susu Sapi Segar di Kota Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.26Keywords:
Atribut Produk, Chi-Square, Multiatribut Fishbein, Preferensi Konsumen, Susu Sapi SegarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen terhadap pembelian susu sapi segar di Kota Surakarta. Metode dasar pada penelitian ini menggunakan kausal komparatif dengan teknik survei kepada 100 responden. Penelitian ini dilakukan kepada responden yang telah melakukan pembelian susu sapi segar sebanyak satu kali sebelumnya dan dikonsumsi secara pribadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menggunakan angket kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah chi-square yang dioperasikan melalui program SPSS dan analisis multiatribut fishbein. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat perbedaan preferensi antar konsumen susu sapi segar di Kota Surakarta. Atribut susu sapi segar yang menjadi preferensi konsumen susu sapi segar di Kota Surakarta adalah harga yang sedang (Rp.6.000- Rp.9.000), aroma susu yang creamy khas susu sapi, varian rasa yang murni putih atau vanila, kebersihan tempat penjualan yang dapat ditoleransi adalah sedikit kotor berupa sisa minyak yang menempel pada meja makan, jumlah menu tambahan makanan yang lebih dari 10 jenis makanan, dan suasana tempat yang biasa saja. (2) Atribut yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian susu sapi segar di Kota Surakarta mulai dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah varian rasa, suasana tempat, kebersihan tempat penjualan, aroma susu, jumlah menu tambahan makanan, dan hargaReferences
Addis, M. F., Tanca, A., Uzzau, S., Oikonomou, G., Bicalho, R. C., & Moroni, P. 2016. The bovine milk microbiota: Insights and perspectives from-omics studies. Molecular Biosystems. 12: 2359-2372. https://doi.org/10.1039/C6MB00217J
Herista, Mutia I S. 2015. Sikap Dan Preferensi Konsumen Buah Jeruk Lokal dan Buah Jeruk Impor (Kasus Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung) [Tesis]. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
Kardes, F.R. 2002. Consumer Behavior and Managerial Decision Making (2ndEd) Prentice-Hall Inc., New Delhi
Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakartas: PT Prenhallindo.
Kotler, P dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurnia, A. I., Furqon, M. T., & Rahayudi, B. 2018. Klasifikasi Kualitas Susu Sapi Menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM) (Studi Kasus: Perbandingan Fungsi Kernel Linier dan RBF Gaussian). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11): 4453–4461.
Probowati, D. D., Supardi, S., & Marwanti, S. 2016. Analisis Preferensi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Buah Jeruk Keprok Di Kabupaten Bojonegoro. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 12(2): 120. https://doi.org/10.20961/sepa.v12i2.14402
Putra, Saka. 2018. Analisis Industri Pangan Sub Sektor Industri Makanan Ringan Kue Bangkit dan Bolu. JOM Fekon. 1(4).
Rosady R. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Raja Grafindo Perkasa: Jakarta Simamora, B. 2002. Paduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Schiffman L. & Kanuk L. 2017. Consumer Behaviour. A Simon and Schuster Company: New Jersey.
Simamora, B. 2002. Paduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Solomon MR. 2006. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice-Hall.
Sukardi, Ph. D. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara
Tomy, P. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Cabe Merah Di Kecamatan Tembilahan. Jurnal Agribisnis Unisi, 8(1): 26–35. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v8i1.814
Yuniarti, Vinna Sri, 2015. Perilaku Konsumen. Bandung: Pustaka Setia
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License