Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Susu Sapi Segar di Kota Surakarta

Heruka Ahmad Milareva, Sugiharti Handayani, Umi Barokah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen terhadap pembelian susu sapi segar di Kota Surakarta. Metode dasar pada penelitian ini menggunakan kausal komparatif dengan teknik survei kepada 100 responden. Penelitian ini dilakukan kepada responden yang telah melakukan pembelian susu sapi segar sebanyak satu kali sebelumnya dan dikonsumsi secara pribadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menggunakan angket kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah chi-square yang dioperasikan melalui program SPSS dan analisis multiatribut fishbein. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat perbedaan preferensi antar konsumen susu sapi segar di Kota Surakarta. Atribut susu sapi segar yang menjadi preferensi konsumen susu sapi segar di Kota Surakarta adalah harga yang sedang (Rp.6.000- Rp.9.000), aroma susu yang creamy khas susu sapi, varian rasa yang murni putih atau vanila, kebersihan tempat penjualan yang dapat ditoleransi adalah sedikit kotor berupa sisa minyak yang menempel pada meja makan, jumlah menu tambahan makanan yang lebih dari 10 jenis makanan, dan suasana tempat yang biasa saja. (2) Atribut yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian susu sapi segar di Kota Surakarta mulai dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah varian rasa, suasana tempat, kebersihan tempat penjualan, aroma susu, jumlah menu tambahan makanan, dan harga

Keywords


Atribut Produk, Chi-Square, Multiatribut Fishbein, Preferensi Konsumen, Susu Sapi Segar

Full Text:

PDF

References


Addis, M. F., Tanca, A., Uzzau, S., Oikonomou, G., Bicalho, R. C., & Moroni, P. 2016. The bovine milk microbiota: Insights and perspectives from-omics studies. Molecular Biosystems. 12: 2359-2372. https://doi.org/10.1039/C6MB00217J

Herista, Mutia I S. 2015. Sikap Dan Preferensi Konsumen Buah Jeruk Lokal dan Buah Jeruk Impor (Kasus Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung) [Tesis]. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Kardes, F.R. 2002. Consumer Behavior and Managerial Decision Making (2ndEd) Prentice-Hall Inc., New Delhi

Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakartas: PT Prenhallindo.

Kotler, P dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurnia, A. I., Furqon, M. T., & Rahayudi, B. 2018. Klasifikasi Kualitas Susu Sapi Menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM) (Studi Kasus: Perbandingan Fungsi Kernel Linier dan RBF Gaussian). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11): 4453–4461.

Probowati, D. D., Supardi, S., & Marwanti, S. 2016. Analisis Preferensi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Buah Jeruk Keprok Di Kabupaten Bojonegoro. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 12(2): 120. https://doi.org/10.20961/sepa.v12i2.14402

Putra, Saka. 2018. Analisis Industri Pangan Sub Sektor Industri Makanan Ringan Kue Bangkit dan Bolu. JOM Fekon. 1(4).

Rosady R. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Raja Grafindo Perkasa: Jakarta Simamora, B. 2002. Paduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Schiffman L. & Kanuk L. 2017. Consumer Behaviour. A Simon and Schuster Company: New Jersey.

Simamora, B. 2002. Paduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Solomon MR. 2006. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice-Hall.

Sukardi, Ph. D. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara

Tomy, P. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Cabe Merah Di Kecamatan Tembilahan. Jurnal Agribisnis Unisi, 8(1): 26–35. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v8i1.814

Yuniarti, Vinna Sri, 2015. Perilaku Konsumen. Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.