Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Segar Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Di Pasar Besar Malang

Azza Maulaya Ainnas Raizzawaty, Budi Setiawan, Abdul Wahib Muhaimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian ikan segar dan bagaimana dampaknya pada loyalitas konsumen di Pasar Besar Malang. Metode penelitian ini secara kuantitatif deskriptif menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Warp Partial Least Square (WarpPLS). Data primer diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuesioner secara online, serta observasi lapang. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber terkait. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan teknik nonprobability sampling dan terpilihlah 160 sampel sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Keywords


Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen, Structural Equation Modeling (SEM), WarpPLS

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Kajian Konsumsi Pokok 2017. Badan Pusat Statistik. Jakarta

Badan Pusat Statistik. 2017. Kajian Konsumsi Pokok 2017. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Daulay, J dan Bulanin, U. 2017. Analisis pola preferensi konsumen dan persepsi masyarakat terhadap konsumsi ikan di Kota Padang. SiNMag 1(1): 50.

Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.

Hakim, M. Maulana Dzikril. 2016. Pengaruh Keualitas Layanan, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di SAS Cafe N Resto Surabaya. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

Kementrian Kelautan Perikanan. 2021. Artikel Tingkat Konsumsi Ikan. Artikel. https://kkp.go.id/artikel/16451-2020-kkp-targetkan-konsumsi-ikan-56-39-kg. diakses pada tanggal 20 Desember 2021

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta

Simangunsong, S. 2008. Analisis Kebijakan Pengawasan Mutu dan Keamanan Produk Perikanan Indonesia Menyikapi Era Globalisasi. Disertasi Doktor. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei. LP3ES: Jakarta.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya Press

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triana, Naning (2014) Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada perdagangan e-commerce : studi kasus pada Miulan Hijab Semarang. Undergraduate (S1) thesis. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Triyadi. 2021. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT.Cololite Indonesia di Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 3, No.3. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.