Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Sayuran Organik

Erna Puji Astuti, Masyhuri Masyhuri, Jangkung Handoyo Mulyo

Abstract


Sikap konsumen terkait kepercayaan dan perilaku menjadi faktor yang membentuk sikap konsumen. Metode analisis penelitian ini adalah model multiatribut fishbein. Atribut ini antara lain kualitas, kesegaran, kebersihan, daya tahan dan harga. Hasil penelitian menunjukkan atribut yang paling penting oleh responden adalah atribut kualitas dibandingkan harga. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai adjusted R2 sebesar 0,409, ini menunjukkan adanya kontribusi hubungan umur, pendidikan dan pendapatan terhadap sikap konsumen secara bersama-sama sebesar 5%. Selanjutnya berdasar uji F menghasilkan Fhitung sebesar 20,616 dan tingkat signifikansi 0,000 jauh lebih kecil dari level signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Berdasarkan hasil tersebut (Ho) ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, G.,H., Hanani, N & Gutama, W., A. 2017. Strategi pengembangan Agroindustri Sari Apel “Lestari” (Studi Kasus di Koperasi Lestari Makmur, Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang), JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis), 1(1), 33-43.

Astari, H.M. 2012. Preferensi konsumen Swalayan Terhadap Kangkung Organik di Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tesis, Semarang: Pasca Sarjana Sosial Ekonomi/Agribisnis Universitas jenderal Soedirman.

Chen, Yu Shan and Chang, Ching Hsun. 2012. Enhance Green Purchase Intention. Management Decision. Emerald. 50. 502-520.

Cipta, S. W., Sitorus, S. R. P., & Lubis, D. P. (2017). Pengembangan komoditas unggulan di wilayah pengembangan tumpang kabupaten malang, Kawistara 7(2). 121—133. https://doi.org/10.22146/kawistara.12495.

Danang Waskito, M. Ananto Z, dan Andre Rezza S.P. 2014. Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik di Yogyakarta. Jurnal Pelita, 9(1). 36-48.

Hermawan, Desrial, Sulistyo. 2009. Metode Pembuatan Guludan Secara Mekanis denganTenaga Penggerak Traktor Dua Roda untuk Budidaya Tanaman Sayuran. Jurnal Keteknikan Pertanian 23(1), 7-14.

Kilamanca, CM. 2008. Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Produk Susu Kedelai di Surakarta. Surakarta: Skripsi, Surakarta: Fakultas Pertanian UNS.

Maarif, S. (2017). Editorial. Kawistara 7(2), 1-2.

Mayrowani H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi 30 (2): 91—108.http://pse.litbang. pertanian.go.id/ind/pdffiles/FAE30-2b.pdf.[13Februari 2016]Pracaya et al ,2016.

Muhsin. 2008. Atribut-atribut Swalayan yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen di PT Hero Supermarket,Tbk. http://www.info.com. [Diakses tanggal 10 Desember 2017. Pukul 19.45 WIB].

Nurhuda, L., Setiawan, B., Andriani, D.,R. 2017. Analisis Manajemen Rantai Pasok Kentang (Solanum Tuberosum L) Di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis), 1(2), 129-142.

Prasanti, D & Fuady, I. (2018). Analisis jaringan komunikasi masyarakat dalam kesiapan menghadapi bencana longsor di kaki gunung burangrang kabupaten bandung barat, Kawistara 8(1), 1—8. https://doi.org/10.22146/kawistara.32976.

Prasojo, Z. H. (2013). Dinamika Masyarakat Lokal Di Perbatasan. Walisongo 21(2), 417—436.

Retnawati, Berta Beki. 2011. Green Branding: Peluang dan Tantangan bagi Indonesia Original Brands. Seminar Nasional Lingkungan Hidup. Surabaya: UK Petra.

Rokhim, R & Mayasari, I. (2018). Analisis Model 4AS Pada Kesediaan Menggunakan Kredit Usaha Rakyat, Kawistara 8(1), 75—90. https://doi.org/10.22146/kawistara.32171.

Sagala, E., M., Setiawan, B., Isaskar, R. 2018. Pengaruh Atmospherics Stimuli Terhadap Minat Beli Konsumen Buah-Buahan (Studi Kasus Di Istana Buah Blimbing, Malang), JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis), 2(2), 85-93.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia.

Singarimbun dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tastegood. 2007. Sikap Konsumen Mempengaruhi Keputusan Konsumen. http://tastegood-tastegood.blogspot.com/2007/11/sikap-konsumen-mempengaruhi-keputusan.html. [30Mei 2015].

Widhiani, AP. 2006. Aplikasi Teori Aksi Beralasan (Theory Of Reasoned Action). http://www.digilib.ac.id/themes/libri2/detail.jsp. Diakses tanggal 4 November 2017 pukul 19.30 WIB.

Yunarni Martha Doloksaribu, Yaktiworo Indriani, Umi Kalsum, 2016. Sikap, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan bebek (Kasus di Rumah Makan Bebek Belur di Bandar Lampung). JIIA 4(3).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.