Pengaruh Cafe Atmosphere dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Kedai Kopi di Kota Pangkalpinang

Authors

  • Tri Lestari Universitas Bangka Belitung
  • Eni Karsiningsih Universitas Bangka Belitung
  • Novyandra Ilham Bahtera Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.7

Keywords:

cafe atmosphere, gaya hidup, keputusan pembelian, generasi Z

Abstract

Ketatnya persaingan antar kedai kopi membuat konsumen akan lebih selektif saat memilih tempat tongkrongan dikarenakan banyaknya alternatif pilihan. Di sisi lain, cukup sulit bagi pelaku usaha untuk memahami dan mengikuti selera konsumen yang terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari perilaku generasi Z yang bersifat dinamis termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh cafe atmosphere dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cafe atmosphere dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian generasi Z pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan dari Bulan Maret sampai dengan April 2022 pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z, sedangkan cafe atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang.

Author Biographies

  • Tri Lestari, Universitas Bangka Belitung

    Department of Agribusiness

    University of Bangka Belitung

  • Eni Karsiningsih, Universitas Bangka Belitung

    Department of Agribusiness

    University of Bangka Belitung

  • Novyandra Ilham Bahtera, Universitas Bangka Belitung

    Department of Agribusiness

    University of Bangka Belitung

References

Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian pada Butik Yulia Grace. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 239–247.

Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(1), 1–12. https://doi.org/10.32493/smk.v4i2.10994

Amelia, Y., & Sukmasari, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee. Journal of Economic and Business Research, 2(1), 47–56.

Aprillia, D. R., & Mustofa, R. H. (2022). The Influence of Lifestyle and Product Attractiveness on Purchasing Decisions at Coffee Shop in Blora Regency. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 15–24. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.003

Ariyono, K. Y. (2021). Purchase Decision : Is the Atmosphere Store , Location and Diversity of Products Caused ? PROGRESS Conference, 4(1), 9–15. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress

Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management, A Strategic Approach (13 ed.). Pearson. https://doi.org/10.1177/0256090920050213

Budiman, S., & Dananjoyo, R. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision : Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483–490. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0483

Ginting, M. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Coffee Shop Di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang [SKRIPSI]. Balunijuk: Universitas Bangka Belitung.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eighth). Annabel Ainscow. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Issn, P., & Wijaya, L. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 1 Februari 2021 E - ISSN. 8(1).

Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. In Prosiding Seminar Nasional SATIESP.

Mastinah, S., Lukitaningsih, A., & Diansepti Maharani, B. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Mood, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Konsumen Cafe Legend Coffee Yogyakarta ). MEKA, 2(1), 20–27. http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka

Mulyaningsih, R., & Wuyanti, L. (2018). The Effect Of Shop Atmosphere, Product Diversity, Taste Of Taste, Price And Lifestyle On Consumer Purchase Decision. Jurnal Riset Akuntansi dan Manjemen, 7(1), 24–33. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/risetekonomi/article/view/2165

Nestiti, L. G., Yusuf, Y., & Resdati. (2022). Budaya Konsumsi Kopi sebagai Gaya Hidup The Leisure Class pada Generasi Z di Coffee Shop Ugoku.co dan Titik Kumpul Coffee Brewers Kecamatan Sekupang Kota Batam. 1(10), 2599–2608.

Novrian, A., & Rizki, M. F. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 81–91. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/7444

Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). The Effect Of The Atmosphere Store , Brand Identity , And Social Media Marketing on Purchase Decisions With Buying Interest as a Mediasi Variables ( Empirical Study at Janji Jiwa Coffee Shop ). Borobudur Management Review, 1(1), 12–32.

Perkasa, R. P., Firdaus, M., & Pudjanarso, A. (2021). Impact of Service Quality, Atmosphere of Store, Price and Word of Mouth on Purchase Decisions in Swiwings, Jember. MBA - Journal of Management and Business Aplication, 4(1), 399–406. https://doi.org/10.31967/mba.v4i1.425

Permatasari, S. A., Prasetyo, E., & Santoso, S. I. (2021). Analisis Stimulus Pemasaran Produk Kopi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Kafe Semasa Semarang). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(3), 805–818. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.18

Purwadi, Y. S., & Manurung, E. M. (2020). Cafes: New Learning and Knowledge Production Space for Millennial Students. Journal of Economics and Business, 3(1), 247–253. https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.01.194

Putri, A., Hasnah, Paloma, C., & Yusmarni. (2021). Perilaku konsumen dalam membeli kopi di masa pandemi Covid-19 pada coffee shop Kota Padang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(4), 1308–1321. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.32

Putri, D. N., & Deliana, Y. (2019). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z Antara Coffee Shop Besar Dan Coffee Shop Kecil Di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77–89. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685

Putri, R. N. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Okui Kopi 3.0 Surabaya. Syntax Idea, 3(5), 1167–1174.

Rivqi, A., Kasimin, S., & Safrida, S. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaaan Warung Kopi Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(4), 456–466. https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9351

Safitri, S. Z. (2018). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Attribute Product, Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumendi Kentucky Fried Chicken (KFC) Pabuaran, Purwokerto [ABSTRAK] [Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. http://repository.ump.ac.id/8862/

Santoso, R. D. (2019). Perancangan Interior Café Game di Surabaya. Intra, 7(1), 16–20. http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/8048%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/viewFile/8048/7258

Sumarwan, U. (2020). Modul: Model Keputusan Konsumen dan Strategi Pemasaran. IPB Press.

Susanti, A., Dewi, P. S. T., & Putra, I. W. Y. A. (2021). Relationship Mapping of Brand Sensuality Factors and Interior Design Characters of Popular Coffee Shop : In Z gens perception. Jurnal ATLANTIS PERS, 602(2), 214–230.

Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60

Downloads

Published

2023-04-11

Issue

Section

Articles