Pengaruh Cafe Atmosphere dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Kedai Kopi di Kota Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.7Keywords:
cafe atmosphere, gaya hidup, keputusan pembelian, generasi ZAbstract
Ketatnya persaingan antar kedai kopi membuat konsumen akan lebih selektif saat memilih tempat tongkrongan dikarenakan banyaknya alternatif pilihan. Di sisi lain, cukup sulit bagi pelaku usaha untuk memahami dan mengikuti selera konsumen yang terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari perilaku generasi Z yang bersifat dinamis termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh cafe atmosphere dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cafe atmosphere dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian generasi Z pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan dari Bulan Maret sampai dengan April 2022 pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z, sedangkan cafe atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang.References
Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian pada Butik Yulia Grace. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 239–247.
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213
Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(1), 1–12. https://doi.org/10.32493/smk.v4i2.10994
Amelia, Y., & Sukmasari, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee. Journal of Economic and Business Research, 2(1), 47–56.
Aprillia, D. R., & Mustofa, R. H. (2022). The Influence of Lifestyle and Product Attractiveness on Purchasing Decisions at Coffee Shop in Blora Regency. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 15–24. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.003
Ariyono, K. Y. (2021). Purchase Decision : Is the Atmosphere Store , Location and Diversity of Products Caused ? PROGRESS Conference, 4(1), 9–15. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management, A Strategic Approach (13 ed.). Pearson. https://doi.org/10.1177/0256090920050213
Budiman, S., & Dananjoyo, R. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision : Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483–490. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0483
Ginting, M. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Coffee Shop Di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang [SKRIPSI]. Balunijuk: Universitas Bangka Belitung.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eighth). Annabel Ainscow. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4
Issn, P., & Wijaya, L. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 1 Februari 2021 E - ISSN. 8(1).
Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. In Prosiding Seminar Nasional SATIESP.
Mastinah, S., Lukitaningsih, A., & Diansepti Maharani, B. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Mood, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Konsumen Cafe Legend Coffee Yogyakarta ). MEKA, 2(1), 20–27. http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka
Mulyaningsih, R., & Wuyanti, L. (2018). The Effect Of Shop Atmosphere, Product Diversity, Taste Of Taste, Price And Lifestyle On Consumer Purchase Decision. Jurnal Riset Akuntansi dan Manjemen, 7(1), 24–33. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/risetekonomi/article/view/2165
Nestiti, L. G., Yusuf, Y., & Resdati. (2022). Budaya Konsumsi Kopi sebagai Gaya Hidup The Leisure Class pada Generasi Z di Coffee Shop Ugoku.co dan Titik Kumpul Coffee Brewers Kecamatan Sekupang Kota Batam. 1(10), 2599–2608.
Novrian, A., & Rizki, M. F. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 81–91. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/7444
Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). The Effect Of The Atmosphere Store , Brand Identity , And Social Media Marketing on Purchase Decisions With Buying Interest as a Mediasi Variables ( Empirical Study at Janji Jiwa Coffee Shop ). Borobudur Management Review, 1(1), 12–32.
Perkasa, R. P., Firdaus, M., & Pudjanarso, A. (2021). Impact of Service Quality, Atmosphere of Store, Price and Word of Mouth on Purchase Decisions in Swiwings, Jember. MBA - Journal of Management and Business Aplication, 4(1), 399–406. https://doi.org/10.31967/mba.v4i1.425
Permatasari, S. A., Prasetyo, E., & Santoso, S. I. (2021). Analisis Stimulus Pemasaran Produk Kopi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Kafe Semasa Semarang). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(3), 805–818. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.18
Purwadi, Y. S., & Manurung, E. M. (2020). Cafes: New Learning and Knowledge Production Space for Millennial Students. Journal of Economics and Business, 3(1), 247–253. https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.01.194
Putri, A., Hasnah, Paloma, C., & Yusmarni. (2021). Perilaku konsumen dalam membeli kopi di masa pandemi Covid-19 pada coffee shop Kota Padang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(4), 1308–1321. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.32
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2019). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z Antara Coffee Shop Besar Dan Coffee Shop Kecil Di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77–89. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685
Putri, R. N. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Okui Kopi 3.0 Surabaya. Syntax Idea, 3(5), 1167–1174.
Rivqi, A., Kasimin, S., & Safrida, S. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaaan Warung Kopi Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(4), 456–466. https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9351
Safitri, S. Z. (2018). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Attribute Product, Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumendi Kentucky Fried Chicken (KFC) Pabuaran, Purwokerto [ABSTRAK] [Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. http://repository.ump.ac.id/8862/
Santoso, R. D. (2019). Perancangan Interior Café Game di Surabaya. Intra, 7(1), 16–20. http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/8048%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/viewFile/8048/7258
Sumarwan, U. (2020). Modul: Model Keputusan Konsumen dan Strategi Pemasaran. IPB Press.
Susanti, A., Dewi, P. S. T., & Putra, I. W. Y. A. (2021). Relationship Mapping of Brand Sensuality Factors and Interior Design Characters of Popular Coffee Shop : In Z gens perception. Jurnal ATLANTIS PERS, 602(2), 214–230.
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License