Manajemen Rantai Pasok dan Usahatani Bayam Hijau Organik pada Komunitas Tani Organik Brenjonk di Desa Penanggungan Trawas Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.8Keywords:
bayam hijau organik, rantai pasok, efisiensi, nilai tambahAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) tingkat efisiensi biaya produksi pada usahatani bayam hijau organik, 2) alur aliran rantai pasok bayam hijau organik dari petani hingga ke konsumen akhir, 3) nilai tambah pada proses pengemasan bayam hijau organik. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) di Dusun Penanggungan Desa Penanggungan Kabupaten Mojokerto. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analitik. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah total sampling dan metode snowball sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis R/C ratio, analisis deskriptif dan metode Hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata R/C ratio pada usahatani bayam hijau organik yang dilakukan sudah efisien, 2) terdapat 3 aliran dalam rantai pasok bayam hijau organik di Komunitas Tani Organik Brenjonk yaitu aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi yang berjalan secara optimal, 3) perhitungan nilai tambah pada pengemasan bayam hijau organik menjadi bayam hijau organik kemas memiliki nilai yang tinggi sebesar 64,02% grade A, 61,49% grade B dan 71,86 grade C.References
Badan Aliansi Organik Indonesia. 2013. Nilai Penjualan Pasar Oganik Indonesia Capai Rp. 10 M per Tahun. http://www.organicindonesia.org/05infodata-news.php?id=464 (diakses tanggal 27 November 2016).
Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 2002. Prospek Pertanian Organik Di Indonesia. http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/17/ (diakses tanggal 20 November 2016).
Hubeis M. (1997). Menuju Industri Kecil Profesional di Era Globalisasi Melalui Pemberdayaan Manajemen Industri. Orasi Ilmiah Guru Besar Tetap Ilmu Manajemen Industri. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Juliandi., A, Irfan dan Manarung.,S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis (Konsep dan Aplikasi). Medan: UMSU Press.
Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: UI-Press.
Sudiyono, Armand. 2002. Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tanujaya, E. 2008.Case in Management :Indonesia’s Bussiness Chalengges. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License