Dampak Penurunan Kuantitas dan Kualitas Pepaya pada Perubahan Sosial Masyarakat di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Nindri Dwita Nur Afkarina, Bening Dwita Kartikasari, Maginda Pungky Maulana

Abstract


Dominasi dari kegiatan usahatani oleh petani di Desa Serut Kecamatan Panti yaitu membudidayakan hortikultura buah pepaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dampak penurunan kuantitas dan kualitas pepaya pada perubahan sosial masyarakat di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, studi pustaka, observasi lapang, focus group discussion, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode fishbone. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab penurunan kualitas dan kuantitas pepaya antara lain faktor kurangnya air, sarana produksi, dan serangan hama. Dampak penurunan kuantitas dan kualitas pepaya pada perubahan sosial masyarakat terlihat pada perubahan interaksi antar petani, perubahan mata pencaharian petani, serta motivasi mereka dalam meningkatkan kesejahteraan

Keywords


Dampak, Perubahan Sosial, Usaha Tani Pepaya

Full Text:

PDF

References


Cholifah, S. 2017. Perubahan Sosial Masyarakat Desa Jampung. Paradigma, 5(3): 1-9.

Granit. 2007. Metode Penelitian Sosial dan Hukum. Yogyakarta :Keras Kepala Menjaga Peradaban.

Nawawi, I., Y. Ruyadi, S. Komariah. 2015. Pengaruh keberadaan Industri Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Dan Budaya Masyarakat Desa Lagadar Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung. Sosietas. 5 (1): 1-19.

Rahayu, S., dan A. Tjitraresmi. 2016. Review Artikel: Tanaman Pepaya (Carica Papaya L.) Dan Manfaatnya dalam Pengobatan. Farmaka, 14(1): 1-17.

Soetriono, A. Suwandari. 2016. Pengantar Ilmu Pertanian. Malang: Intimedia Kelompok Intrans Publishing

Wafa, A. K., B. Purwanggono. 2017. Perhitungan Oee (Overall Equipment Effectiveness) Pada Mesin Komuri 2 Lithrone S40 Dan Heidelberg 4we Dalam Rangka Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm). Industrial Engineering. 6(2) : 1-12.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.