Analisis Faktor-Faktor Sosial Terhadap Curahan Waktu Kerja Petani Kopi Robusta di Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung

Adhitya Rizqi, Dyah Mardiningsih, Wulan Sumekar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor sosial yang berpengaruh terhadap curahan waktu kerja petani kopi robusta selama 1 kali musim panen dan untuk menganalisis faktor-faktor sosial yang berpengaruh pada curahan waktu kerja petani kopi robusta di Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Penelitian dilakukan selama 3 minggu pada bulan Februari tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan populasi yang berupa petani kopi robusta yang berada di Kecamatan Gemawang, sampel berupa petani kopi robusta yang memiliki lahan sendiri, dan respondennya adalah kepala keluarga petani kopi robusta. Metode pemilihan kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah adalah 98 orang. Data primer diperoleh dengan metode wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan metode regresi berganda dengan faktor sosial sebagai X dan curahan waktu kerja petani sebagai Y. Hasil penelitian menunjukkan responden berada pada usia produktif, memiliki tanggungan keluarga yang tinggi, berpengalaman, berpendidikan rendah, dan meraih pendapatannya dengan bertani. Secara serempak umur, jumlah tanggungan keluarga, pengalaman bekerja, tingkat pendidikan, dan pekerjaan lain berpengaruh terhadap curahan waktu kerja petani kopi robusta. Secara parsial umur, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap curahan waktu kerja.


Keywords


faktor sosial; petani; kopi robusta; curahan waktu kerja

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. 2016. Kecamatan Gemawang dalam Angka. Badan Pusat Statistika Kabupaten Temanggung, Temanggung.

Berliani, Rosalina. 2017. Pengaruh Faktor-Faktor Sosial Terhadap Curahan Waktu Kerja Kelompok Wanita Tani Padi di Desa Banjaran Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Skripsi Mahasiswa Agribisnis. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Semarang.

Gani, I. dan S. Amalia. 2015. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kusumastuti, N. 2012. Pengaruh faktor penerimaan wanita, tingkat umur, jumlah tanggungan keluarga, penerimaan wanita suami dan jarak tempuh ke tempat kerja terhadap curahan jam kerja pedagang sayur wanita (Studi kasus di Pasar Umum Purwodadi). Skripsi Mahasiswa Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Novita, R. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita tani pada usahatani padi sawah (Studi kasus di Desa Ngarjo Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto). Skripsi Mahasiswa Agribisnis. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Oktaveasma, A. 2013. Analisis Tingkat Pendapatan Utama dan Sampingan pada Rumah Tangga Perikanan (RTP) Nelayan Gillnet di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. J. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Universitas Diponegoro. 2(2): 68-79.

Santoso, S. 2010. Mastering SPSS 18. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Wanda, O. C. G. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita di Desa Banjaragung Kabupaten Jombang pada industri sepatu sebagai bentuk kontribusi terhadap ekonomi keluarga. J. Ekonomi. 4(1): 1-12.

Widyawati, R. F., Pujiyono, A. 2013. Pengaruh umur, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan, pendidikan, jarak tempat tinggal pekerja ke tempat kerja dan keuntungan terhadap curahan waktu kerja wanita tani sektor pertanian di Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro. J. Ekonomi. 2(3): 1-14




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.