Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Usahatani Kedelai (Glycine Max L. Merrill) (Studi Kasus di Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu)

Tety Suciaty, Yayat Rahmat Hidayat

Abstract


Aplikasi usahatani membutuhkan efisiensi didalam penggunaan faktor-faktor produksi.Efisiensi penggunaan faktor produksi berkaitan dengan tingkat produktivitas dan pendapatan yang dihasilkan. Efisensi penggunaan faktor produksi dilakukan dengan pengukuran setiap faktor produksi yang digunakan sehingga akan diketahui pada batas maksimal penggunaan faktor produksi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Faktor-faktor produksi yang paling berpengaruh terhadap usahatani kedelai di Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu,(2) Efisiensi Ekonomi Penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani kedelai di Desa BantarwaruKecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan di Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penentuan sampel dilakukan dengan cara sensus. Objek penelitian adalah adalah petani sebagai responden sebanyak 38 orang, yaitupetani komoditas kedelai di Desa Bantarwaru, Kecamatan Gantar.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan melalui fungsi produksi Cobb–Douglass dan Nilai Produk Marginal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa;pertama,faktor produksi benih dan pupuk memberikan pengaruh nyata terhadap produksi kedelai.Kedua, penggunaan faktor-faktor produksi luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja harus dikurangi karena tidak efisien dalam penggunaannya.


Keywords


Efisiensi Ekonomi, Faktor Produksi, Usahatani

Full Text:

PDF

References


Adiwilaga, Anwar, 1982, Ilmu Usahatani, Penerbit Alumni, Bandung.

A, Marhasan. 2005. Analisis Efisiensi Ekonmi Usahatani Murbei dan Kokon di Kabupaten Enrekang

Anonim, 2009.Budidaya kedelai.http://www.bi.go.id.budidaya kedelai.pdf.

Hernanto, Fadoli, 1991, Ilmu Usahatani, BPFE, Yogyakarta.

R.E. Lipsey, M. Blomstrom and E. Ramstetter. 1995. Internationalize Production in World Output. The National Bureau of Economic Research. 114p

Makeham and Malcolm, 1981, Manajemen Usahatani di Daerah Tropis.

Mubyarto, 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian Edisi III. LP3ES: Jakarta.

Nian, Tanjung Sari. 2011. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor pada Usahatani Jagung Varietas Bisi 2 di Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Nugroho dan Annora Khazanami, 2008.Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Cabai Kabupaten Temanggung.

Rambe, S.S.M., W. Wibawa., A. Damiri dan R. Hartono, 2000. Pengkajian Alternatif Teknologi dan Efisinesi Pemupukan.Dalam Seminar Nasional BPTP Sukarami 16 Januari 1997

Sugiono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Soekartawi, 1994. Teori Ekonomi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi, 2003.Agribisnis Teori dan Aplikasinya.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.