Karakteristik Konsumen Pempek Kota Palembang
Abstract
Karakteristik konsumen pempek mempengaruhi pembelian pempek. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen berdasarkan faktor budaya, sosial, psikologis. Penelitian ini dilaksanakan di Pempek Lala, Chaplin, Sultan, Flamboyan, Beringin, dan Terkenal Palembang, Sumatera Selatan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) mengingat bahwa semakin banyak objek dengan variatif harga yang berbeda diharapkan dapat menjangkau responden lebih merata. Penelitian lapang dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang berkaitan dengan situasi yang memerlukan teknik pengumpulan data tertentu seperti wawancara, angket atau observasi dengan harapan dapat memperoleh gambaran nyata di lapangan. Analisis yang digunakan adalah analsis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, budaya, dan psikologis dirasakan oleh konsumen berpengaruh terhadap karakteristik konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2013). Pedoman GEMAR IKAN. In Direktorat Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan [KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Kedua Bela). Erlangga.
Nutrifitriana. (2016). Perilaku Kewirusahaan Pelaku Usaha Pempek. Institusi Pertanian Bogor.
Roedjinandari. (2006). Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Makanan Khas Jawa pada Rumah Makan Inggil Malang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.
Sriati. (2012). Metode Penelitian Sosial. Unsri Press.
Zaini, M. (2015). Ikan untuk Ketahanan Panganan dan Gizi Nasional. In Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.10
Refbacks
- There are currently no refbacks.