Pengukuran Tingkat Kepuasan Peternak dalam Pelayanan Inseminasi Buatan Menggunakan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.11Keywords:
Inseminasi Buatan, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, dan kepuasan peternakAbstract
Peningkatan jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat berdampak pada peningkatan permintaan kebutuhan pangan salah satunya adalah daging. Inseminasi Buatan (IB) merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk peningkatan populasi ternak.Tujuan penelitian adalah  menganalisis tingkat kepuasan peternak dalam pelayanan IB di Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan di tiga kecamatan di Kabupaten Jepara (Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Pakis Aji). Metode penelitian menggunakan metode survai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan peternak menggunakan kuesioner kepada 150 orang responden. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI)digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak, sedangkan Importance Performance Analysis (IPA)digunakan untuk mengetahui sejauh mana atribut-atribut yang diukur mempengaruhi kepuasan atau ketidakpuasan. Hasil CSI sebesar 74,57% nilai tersebut menunjukkan bahwa peternak puas dengan pelayanan IB. Prioritas utama yang kinerjanya harus ditingkatkan berdasarkan hasil analisis IPA yaitu atributtingkat kebuntingan (service per conception), kecepatan petugas memenuhi panggilan peternak, konsistensi mengenai biaya IB, dan pemeriksaan kebuntingan pasca IBReferences
Aritonang, R.L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Gramedia. Jakarta
Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Statistik Indonesia 2016
Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara. Jepara Dalam Angka 2016.
Bhote, K. R. 1996. Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty: The Key to Greater Profitability. AMA Membership Publications Division, American Management Association, New York.
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara. 2017. Laporan Bidang Peternakan.
Engel, J.F., Blackwell, R.D., Winiard, P.W. 1990. Consumer Behaviour. 6th Ed, The Dryden Press. Chicago.
Ferreira, Hélder Pires, and Paula Odete Fernandes. 2015. Importance-Performance Analysis Applied to a Laboratory Supplies and Equipment Company. Procedia Computer Science 64: 824–831.
Ghozali,I. 2017. Structural Equation Modelling. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hair,J.F.,Anderson, R.E.,Tatham,R.L.,and Black, W.C. 1995. Multivariate Data Analysis with Readings, (4thEd), Prentice Hall: New Jersey
Kotler, P., dan K.L Keller. 1995.Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Implementasi. Salemba Empat. Jakarta.
Mohebifar, Rafat, Hana Hasani, Ameneh Barikani, and Sima Rafiei. 2016. Evaluating Service Quality from Patients’ Perceptions: Application of Importance–performance Analysis Method. Osong Public Health and Research Perspectives 7 (4): 233–238.
Rangkuti, F. 2003. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur & Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Toelihere, M.R. 1981. Ilmu Kemajiran Pada Ternak Sapi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. PT Indeks, Jakarta.
Yanova, Natalia. 2015. Assessment of Satisfaction with the Quality of Education: Customer Satisfaction Index.Procedia - Social and Behavioral Sciences182: 566–573.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License