Pengukuran Tingkat Kepuasan Peternak dalam Pelayanan Inseminasi Buatan Menggunakan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Isna Sa'adah universitas Diponegoro Semarang
  • Mukson Mukson Universitas Diponegoro Semarang
  • Yon Soepri Ondho Universitas Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.11

Keywords:

Inseminasi Buatan, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, dan kepuasan peternak

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat berdampak pada peningkatan permintaan kebutuhan pangan salah satunya adalah daging. Inseminasi Buatan (IB) merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk peningkatan populasi ternak.Tujuan penelitian adalah  menganalisis tingkat kepuasan peternak dalam pelayanan IB di Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan di tiga kecamatan di Kabupaten Jepara (Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Pakis Aji). Metode penelitian menggunakan metode survai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan peternak menggunakan kuesioner kepada 150 orang responden. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI)digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak, sedangkan Importance Performance Analysis (IPA)digunakan untuk mengetahui sejauh mana atribut-atribut yang diukur mempengaruhi kepuasan atau ketidakpuasan. Hasil CSI sebesar 74,57% nilai tersebut menunjukkan bahwa peternak puas dengan pelayanan IB. Prioritas utama yang kinerjanya harus ditingkatkan  berdasarkan hasil analisis IPA yaitu atributtingkat kebuntingan (service per conception), kecepatan petugas memenuhi panggilan peternak, konsistensi mengenai biaya IB, dan pemeriksaan kebuntingan pasca IB

References

Aritonang, R.L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Gramedia. Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Statistik Indonesia 2016

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara. Jepara Dalam Angka 2016.

Bhote, K. R. 1996. Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty: The Key to Greater Profitability. AMA Membership Publications Division, American Management Association, New York.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara. 2017. Laporan Bidang Peternakan.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., Winiard, P.W. 1990. Consumer Behaviour. 6th Ed, The Dryden Press. Chicago.

Ferreira, Hélder Pires, and Paula Odete Fernandes. 2015. Importance-Performance Analysis Applied to a Laboratory Supplies and Equipment Company. Procedia Computer Science 64: 824–831.

Ghozali,I. 2017. Structural Equation Modelling. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hair,J.F.,Anderson, R.E.,Tatham,R.L.,and Black, W.C. 1995. Multivariate Data Analysis with Readings, (4thEd), Prentice Hall: New Jersey

Kotler, P., dan K.L Keller. 1995.Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Implementasi. Salemba Empat. Jakarta.

Mohebifar, Rafat, Hana Hasani, Ameneh Barikani, and Sima Rafiei. 2016. Evaluating Service Quality from Patients’ Perceptions: Application of Importance–performance Analysis Method. Osong Public Health and Research Perspectives 7 (4): 233–238.

Rangkuti, F. 2003. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur & Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Toelihere, M.R. 1981. Ilmu Kemajiran Pada Ternak Sapi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. PT Indeks, Jakarta.

Yanova, Natalia. 2015. Assessment of Satisfaction with the Quality of Education: Customer Satisfaction Index.Procedia - Social and Behavioral Sciences182: 566–573.

Downloads

Published

2019-07-02

Issue

Section

Articles