Analisis Marjin Pemasaran Keripik Ketela Ungu di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.12Keywords:
Farmer’s share, keripik ketela ungu, marjin pemasaran, saluran pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, besarnya biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, marjin pemasaran dan farmer’s share dari pemasaran keripik ketela ungu di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive. Pengambilan responde produsen dilakukan dengan cara sensus. Sedangkan untuk responden lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowballing sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima saluran pemasaran pada pemasaran keripik ketela ungu di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, yaitu (1) Produsen-konsumen, (2) Produsen-pedagang grosir-konsumen, (3) Produsen-pedagang grosir-pedagang pengecer-konsumen, (4) Produsen-pedagang pengecer-konsumen, (5) Produsen-pedagang diluar wilayah Karesidenan Surakarta-konsumen. Total biaya pemasaran saluran pemasaran I Rp 395, total keuntungan pemasaran Rp 1.788, dan total marjin pemasaran Rp 2.183. Total biaya pemasaran saluran pemasaran II Rp 1.107, total keuntungan pemasaran Rp 1.562, dan total marjin pemasaran Rp 2.669. Total biaya pemasaran saluran pemasaran III Rp 4.479, total keuntungan pemasaran Rp 9.368, dan total marjin pemasaran Rp 13.847. Total biaya pemasaran saluran pemasaran IV Rp 2.611, total keuntungan pemasaran Rp 5.509, dan total marjin pemasaran Rp 8.120. Farmer’s Share dari saluran pemasaran I, II, III dan IV secara berurutan adalah sebesar 85,44%, 82,05%, 6,86% dan 48,05%.References
Badan Pusat Statistik. 2017. Karanganyar dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistika Karanganyar. Karanganyar
Dede J, dan Bambang C. 2000. Ubi Jalar: Budi Daya dan Analisis Usaha Tani. Penerbit Kanisius. Yogyakarta
Griffin, R.W. dan Ebert R.J. 2006. Bisnis, Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta
Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi. Yogyakarta
Khaswarina S., Evy M., Annisa Z.N. 2014. Analisis Saluran Pemasaran Produk Susu Bubuk Kedelai (Studi Kasus: Industri Sumber Gizi Nabati, Pekanbaru). Pekbis Jurnal, Vol. 6, No.3, November 2014: 2018-217.
Kimbal, R.W. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil: Sebuah Studi Kualitatif. Penerbit Deepublish. Yogyakarta
Mahatama, E. dan Miftah F. 2013. Daya Saing dan Saluran Pemasaran Rumput Laut: Kasus Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 7 No. 1, Juli 2013.
Rosmawati, H. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. AgronobiS, Vol. 3, No. 5, Maret 2011.
Rukmana, H. 1997. Ubi Jalar, Budi Daya dan Pascapanen. Penerbit Kanisius. Yogyakarta
Simamora, B. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Umar, H. 2002. Metode Riset Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License