Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga di Desa Sidomulyo Kota Batu

Nur Ocvanny Amir, Dewi Mustikawati

Abstract


Desa Sidomulyo Kota Batu merupakan salah satu sentra produksi yang menghasilkan berbagai macam bunga berkualitas. Namun, selama ini pedagang bunga merasa jangkauan pasarnya belum maksimal, sehingga untuk mengatasi hal tersebut beberapa pedagang bunga di desa tersebut mengembangkan penjualannya dengan menerapkan digital marketing. Tujuan dari penelitian ini yaitu  Menganalisis peningkatan pendapatan pedagang bunga setelah menerapkan digital marketing. Analisis data yang digunakan antara lain analisis biaya, penerimaan, pendapatan, dan komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan pedagang bunga sebelum menerapkan digital marketing sebesar Rp. 2.785.290,00 per bulan, sedangkan sesudah menerapkan digital marketing sebesar Rp. 8.046.000,00 per bulan. Peningkatan pendapatan setelah menerapkan digital marketing sebesar 189%. Hasil sig 1-tailed diperoleh nilai sebesar 0,000 yang menunjukkan lebih kecil (<) dari 0,05, sehingga bahwa hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti bahwa rata-rata pendapatan pedagang bunga yang menerapkan digital marketing lebih tinggi daripada sistem offline


Keywords


Digital Marketing, Pendapatan, Pedagang Bunga

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Batu. 2016. “Statistik Daerah Kota Batu.”

Ekowati, T. E., D. Sumarjono, H. Setiyawan dan E. Prasetyo. 2014. Buku Ajar Usahatani. Semarang: UNDIP Press.

Hadwa, I., Soetoro dan Z. Noormansyah. 2017. “Analisis Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Gula Semut (Studi Kasus Pada Perajin Gula Semut di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis).” Jurnal Agroinfo Galuh 4(2): 220–25.

Mumtahana, Hani Atun, Sekreningsih Nita dan Adzinta Winerawan Tito. 2015. “Khazanah Informatika.” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika 3(1): 6–15. http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/1178/1027.

Pradiani, Theresia. 2017. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” JIBEKA 11(2): 46–53.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.