Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Jumlah Pembelian Bibit Cabai di Usahatani Pembibitan Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang

Triana Kusuma Astuti, Dyah Mardiningsih, Sriroso Satmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jumlah pembelian bibit cabai harga, jenis, musim tanam dan luas lahan di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak dan menganalisis pengaruh harga, jenis, waktu tanam, dan luas lahan terhadap jumlah pembelian bibit cabai di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak dengan alasan Desa Sumberejo merupakan sentra usahatani pembibitan terbesar di Kecamatan Ngablak. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik accidental sampling yaitu sampel berasal dari konsumen yang tidak sengaja bertemu di usahatani pembibitan, sampel diambil sebanyak 30 orang berdasarkan 10% dari jumlah populasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pembelian bibit cabai yaitu 3266 dalam setiap musim tanam. Secara serempak harga, jenis, waktu tanam dan luas lahan berpengaruh terhadap jumlah pembelian bibit cabai sedang harga, jenis, waktu tanam secara parsial tidak berpengaruh terhadap jumlah pembelian bibit cabai.


Keywords


cabai, jumlah bibit, jumlah pembelian, petani

Full Text:

PDF

References


Akbar, I. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pembelian Benih Padi pada Petani di Kecamatan Kesesi, Pekalongan. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Semarang. (Skripsi Sarjana Pertanian).

Alex, S. 2011. Usaha Tani Cabai: Kiat Jitu Bertanam Cabai di Segala Musim.

Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Arfani, Aisyah. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Dalam Mengkonsumsi Cabai Merah (Studi Kasus : Pasar Brayan, Pasar Denai, Pasar Petisah, Pasar Marelan Di Kota Medan). Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan. (Skripsi Sarjana Pertanian).

Direktorat Jendral Hortikultura Kementrian Pertanian. 2017. Data Produksi Tanaman Hortikultura nasional Tahun 2010-2019.

Djarwaningsih, T. 2010. Capsicum SPP (Cabai) asal, persebaran dan nilai ekonomi. J. Biodiversitas. 6(4) : 292-296.

Djarwaningsih, T. 2013. Jenis-jenis Capsicum L. (Solanaceae) di Indonesia. Berita Biologi 3(5): 225-228.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program. Edisi ke sembilan. Semarang. Univesitas Diponegoro.

Hafidh, M. 2009. Pengaruh Tenaga Keja, Modal dan Luas Lahan terhadap Produksi Usahatani. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang. (Skripsi Sarjana Ekonomi).

Kurniadi, S., S Supardi, dan Kusnandar. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku petani dalam menentukan pembelian ke toko saprodi di Kabupaten Blora. J. Agribisnis Review. 1(1): 65-77.

Nurfalach, D. R. 2010. Budidaya Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) di UPTD Perbibitan Tanaman Holtikultura Pakopen, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. (Skripsi Diploma Agribisnis Minat Holtikultura dan Arsitektur Pertanaman).

Santoso, S. 2016. Panduan Lengkap SPSS Versi 23. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setiadi. 2015. Bertanam cabai. Penebar Swadaya. Jakarta.

Setiadi, Nugroho. J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4 Edisi Revisi. Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suriana, N. 2012. Cabai Sehat dan Berkhasiat. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjahjadi, Nur. 2010. Bertanam Cabai. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Wahyunindyawati. 2009. Pengaruh Faktor-Faktor Produksi Terhadap Keuntungan Usahatani Padi. BPTP. Jawa Timur.

Widarjono, A. 2010. Analisis Statistika Multivariate Terapan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.