Efisiensi Pemasaran Komoditas Sayuran Pakcoy Di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor

Authors

  • Prisca Nurmala Sari Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Muhamad Tirta Mustika Universitas Terbuka
  • Eva Nurhayati Universitas Terbuka
  • Nina Fujiana Universitas Terbuka
  • Anton Anton Universitas Terbuka
  • Erlina - Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.03.18

Keywords:

Efisiensi, Farmer’s Share, Marjin, Pakcoy, Saluran Pemasaran

Abstract

Kecamatan Tenjolaya merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor yang merupakan daerah penghasil sayuran pakcoy. Jumlah produksi sayuran pakcoy di daerah ini cukup banyak. Namun, dirasakan petani bahwa harga yang diterima petani naik turun. Hal tersebut membuat penelitian efiesiensi pemasaran perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tingkat efisiensi pemasaran sayuran pakcoy serta saluran mana yang efisien dan menguntungkan petani. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota saluran pemasaran sayuran pakcoy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dalam mengidentifikasi saluran pemasaran dan fungsi pemasaran. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis efisiensi pemasaran sayuran pakcoy. Indikator yang digunakan dalam efisiensi pemasaran adalah marjin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran sayuran pakcoy yang seluruh anggotanya melakukan fungsi-fungsi pemasaran. Dilihat dari perhitungan nilai marjin pemasaran dan farmer’s share, nilai keduanya tidak sama antara saluran pemasaran 1 dan saluran pemasaran 2. Berdasarkan indikator marjin pemasaran, saluran pemasaran 1 lebih efisien, sedangkan berdasarkan indikator farmer’s share, saluran pemasaran 2 lebih efisien. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedua saluran pemasaran cukup efisien. Namun, jika dilihat dari harga jual yang menguntungkan petani, saluran pemasaran 2 yang lebih efisien dalam menyalurkan sayuran pakcoy. Oleh karena itu, petani sebaiknya menggunakan saluran pemasaran 2 dalam menyalurkan produknya dan juga membentuk saluran yang baru. Petani sayuran pakcoy sebaiknya menambah mitra eksternal untuk diajak kerja sama dalam penyaluran sayuran pakcoy di dalam saluran pemasaran yang baru dengan model yang sama dengan saluran pemasaran 2.

References

Ardillah, F., Hasan, F. (2020). Saluran, Marjin, dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 1 (1), 12-25.

Asir, M., Nendissa, S. J., Sari, P. N., Yudawisastra, H. G., Abidin, Z., Indriani, R., Nurdiana, N., Hakim, A. H., Kristini, W., Suryana, A. T., Ratri, W. S., Soeyatno, R. F. (2022). Ekonomi Pertanian. Bandung : Widina.

Asmarantaka, R. W. (2014). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor : IPB Press.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. (2023). Kabupaten Bogor Dalam Angka 2023. Bogor : Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor.

Daryanto, A. (2022). Tataniaga Pertanian (Edisi 4). Bogor : Universitas Terbuka.

Kementerian Perdagangan. (2023). Perkembangan Ekspor Non Migas (Komoditi). https://satudata.kemendag.go.id/data-informasi/perdagangan-luar-negeri/ekspor-non-migas-komoditi.

Kementerian Pertanian. (2022). Statistik Konsumsi Pangan Tahun

Jakarta : Kementerian Pertanian.

Khaswarina, S., Kumuwaty, Y. (2019). Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di Kabupaten Kampar. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Vol.1, 88-97. https://doi.org/10.31258/unricsagr.1a12.

Kohls, R. L., Uhl J,N. (2002). Marketing of Agricultural Products. Purdue University. New York : Mc Millan Publishing Company.

Kotler, P., Keller K. L. (2016). Marketing Management. Pearson

Education.

Pandaleke, Q. F. (2022). Respons Pertumbuhan dan Produksi Pakcoy (Brassica rapa L.) Terhadap Aplikasi Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair. Jurnal Bios Logos, 13 (1), 44-54.

Riswandi, D. I., Oktariza, W. (2015). Analisis Marjin dan Efisiensi Pemasaran Ikan Bandeng dan Ikan Tongkol di DKI Jakarta. Jurnal Sains Terapan, 5 (1), 60-73.

Saputro, E., Widyantari, I. N., Nahumury, M. A. I. (2020). Efisiensi Pemasaran Sawi Hijau. Musamus Jurnal of Agribusiness. 3 (1), 32-45.

Sari, P. N. (2013). Manajemen Rantai Pasok pada Rantai Pasok Berjaring Beras Organik. Jurnal Forum Agribisnis, 3 (2), 111-128.

Sari, P. N. (2015). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kinerja Rantai Pasok Beras Organik Bersertifikat di Kabupaten Bandung Melalui Integrasi. (Thesis Master, IPB).

Sinaga, R. (2023). Pemasaran Agribisnis. Bandung : Widina.

Wahyuningsih, A. (2016). Komposisi Nutrisi dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Sistem Hidroponik. Jurnal Produksi Tanaman, 4(8), 595–601.

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles