Perilaku Petani Terhadap Usahatani Padi Organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Anik Dwi Mulyani, Lenny Widjayanthi, Sugeng Raharto

Abstract


Usahatani padi organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember mengalami kendala dari segi peminat. Petani masih beranggapan bahwa pertanian organik rumit dan kurang efisien. Meskipun begitu, masih ada petani yang bertahan melakukan usahatani padi organik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku petani terhadap usahatani padi organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan melakukan pendekatan teori Bloom. Metode analisis data pada penelitian ini meliputi tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku petani padi organik sudah memenuhi standar pertanian organik untuk tanaman semusim. Dari segi pengetahuan, petani mengetahui cara-cara pembuatan dan pemberian input organik dalam usahatani padi organik. Dari segi sikap, petani menyetujui dan mampu menerima bahwa usahatani padi organik harus terbebas dari kontaminan kimia mulai dari awal penanaman hingga pasca panen. Dari segi perilaku, petani melakukan kegiatan usahatani padi organik dengan mengikuti standar operasional dan cara-cara penanaman padi organik yang benar dan tidak menambahkan input kimia, baik di on farm maupun off farm.


Keywords


perilaku petani, padi, organik

Full Text:

PDF

References


Balitbang Pertanian. 2002. Proyek Pertanian Organik di Indonesia. http;//www.litbang.deptan.go.id/berita/one/7/. [online]. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2014.

Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe. 2016. Profil Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Jember : Desa Rowosari.

Mayrowani, Henny. 2012. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi Vol 30 No. 2 Desember 2012. Bogor : Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Notoadmojo S.2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta

Suwantoro, AA. 2008. Analisis Pengembangan Pertanian Organik di Kabupaten Magelang (Studi Kasus di Kecamatan Sawangan). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel , W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.