Strategi Pengembangan Agrowisata Berbasis Bunga Krisan (Chrysanthemum Morifolium R.) di Taman Bunga Celosia, Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang

Muhammad Arfani Fadlil, Wulan Sumekar, Dyah Mardiningsih

Abstract


Penelitian strategi pengembangan agrowisata berbasis bunga krisan telah dilakukan pada bulan Desember 2018 - Januari 2019 di Taman Bunga Celosia, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan adanya bunga krisan yang potensial dikembangkan sebagai basis agrowisata. Penelitian bertujuan untuk menganalisis, mengetahui dan menentukan strategi pengembangan agrowisata dengan berbasis bunga krisan yang dilihat dari sisi internal dan eksternal. Strategi pengembangan dianalisis menggunakan analisis SWOT, dilanjutkan dengan menentukan alternatif strategi. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Taman Bunga Celosia berada di posisi kolom I (pertumbuhan) untuk Matriks IE dan Kuadran I (agressive) untuk diagram SWOT. Hasil alternatif strategi yang didapatkan melalui beragam strategi pada matriks SWOT (strategi SO,ST, WO dan WT) menunjukkan bahwa pihak Taman Bunga Celosia dapat menggunakan strategi pengembangan yang bersifat proaktif. Strategi pengembangan yang dipilih yaitu penambahan luas area taman bunga celosia untuk mengadakan pengembangan dan menambah blok bunga krisan, menyelesaikan perihal berbagai perizinan usaha untuk memudahkan akses pengembangan lebih luas lagi, membangun green house yang canggih juga menarik untuk membuat budidaya bunga krisan lebih optimal  dan membentuk tatanan landasan organisasi (SOP, visi, misi, rencana pengembangan tertulis dan tetap) untuk menjaga kesinambungan usaha.


Keywords


agrowisata, krisan, SWOT, pengembangan

Full Text:

PDF

References


Aji, A. A., A. Satria dan B. Hariono. 2014. Strategi pengembangan agribisnis komoditas padi dalam meningkatkan ketahanan pangan Kabupaten Jember. J. Manajemen dan Aribisnis 11 (1) : 60 – 67.

Andiani, Y. 2013. Budidaya Bunga Krisan : Potensi Besar Sebagai Komoditas Ekspor. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Antara, M. 2009. Pertanian Bangkit atau Bangkrut. Arti Foundation, Denpasar.

Astuti, M.T. 2014. Potensi agrowisata dalam meningkatkan pengembangan

Pariwisata. JDP 1 (1) : 1-7.

Badan Pusat Statistik. 2013. Perdagangan Internasional Tanaman Hias. Penerbit Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Tanaman Hias (Statistics of Ornamental Plants) Indonesia. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Budiarti, T., Suwarto., dan Muflikhati, I. 2013. Pengembangan agrowisata berbasi masyarakat pada usahatani terpadu guna meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlanjutan sistem pertanian. J. Ilmu Pertanian Indonesia 18 (3) : 200 – 207.

Chakrabarti, S.D., dan Sarker. 2011. Market integration, competitiveness and efficiency in urban vs rural markets : male and femal ower trading farms in west bengal MPRA (Munich Personal RePEc Archive). Paper No. 33700,25.

David, F.R. 2011. Manajemen Strategis : Konsep-Konsep Edisi Dua Belas. Salemba Empat, Jakarta,

Ernie, T.S., dan Saefullah, K. 2008. Pengantar Manajemen. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Hadiwijoyo, S.S. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kurniawan, J. 2008. Formulasi Strategi pengembangan usaha bunga potong krisan pada loka farm cilember bogor. Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mukaromah, S., P. D. Paramita, dan A. Fathoni. 2016. Pengaruh prosedur pembiayaan, sistem keanggotaan, perangkat kerja, terhadap pengendalian risiko, yang di mediasi oleh rencana strategis pada KJKS BMT Hubbul Wathon cabang Ungaran. J. Manajemen. 2 (2): 1 – 11.

Nurmalinda dan Hayati, N.Q. 2014. Preferensi konsumen terhadap bunga krisan potong dan pot. J. Hort 24 (4) : 363-372.

Palit, G.I., Talumingan, C., dan Rumagit, G.A.J. 2017. Strategi pengembangan kawasan agrowisata rurukan. J. Agri-SosioEkonomi Unsrat 13 (2A) : 21–34.

Prihardiputra, M. F. 2012. Strategi pengembangan usaha kecil menengah : studi kasus di SKB (Sentra Kerajinan Bambu) Putra Handicraft Kota Tasikmalaya. Skripsi. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Pitana, I.G. 2009. Sosiologi Pariwisata : Kajian Sosiologis Terhadap Struktur, Sistem dan Dampak-Dampak Pariwisata, terbitan ke-4. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pitana, I.G., dan Diarta, I.K.S. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Putra. Z. F. S., M. Sholeh., dan N. Widyastuti. 2014. Analisis kualitas pelayanan website BTKP-DIY menggunakan metode webqual 4.0. J. Jaringan Komputer. 1 (2): 174 – 184.

Rahmana, A., Iriani, Y., dan Oktarina, O. 2012. Strategi pengembangan usaha kecil menengah sektor industri pengolahan. J. Teknik Industri 20 (1) : 14-21.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. 2018. SWOT Balanced Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja Dan Resiko. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. 2018. Personal SWOT Analysis Peluang Di Balik Setiap Kesulitan . PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ridwan, H.K., Hilman, Y., Sayekti, A.L., dan Suhardi. 2012. Sifat inovasi dan peluang adopsi teknologi pengelolaan tanaman terpadu krisan dalam pengembangan agribisnis krisan di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. J.Hortikultura 22 (1) : 86-94.

Rosita, S. 2008. Analisis Strategi Usaha Sayuran Organik di PT Anugerah Bumi Persada “RR Organic Farm“, Kabupaten Cianjur. Skripsi. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rukmana, H.R. 2018. Farm Big Book , Budi daya Dan Pascapanen Bunga Potong Unggulan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ruslan, R. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sani, K. 2016. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Deepublish, Yogyakarta.

Siladana, I.M. 2009. Strategi Pengembangan Agrowisata Desa Candikuning Selatan Kabupaten Tabanan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana, Bali.

Singarimbun, M., dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei (Editor). LP3ES, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suwantoro, A. A. 2008. Analisis pengembangan pertanian organik di Kabupaten Magelang (studi kasus di Kecamatan Sawangan). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Taufik, M. 2012. Strategi pengembangan agribisnis sayuran di Sulawesi Selatan. J. Litbang Pertanian 31 (2) : 43 – 50.

Utama, G.B.R. 2015. Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia : Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan. Deepublish, Yogyakarta.

Widi, R. 2011. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. J. Stomatognatic. 8 (1): 27 – 34.

Widiyanto, D., J. P. Handoyo dan A. Fajarwati. 2008. Pengembangan pariwisata pedesaan : suatu usulan strategi bagi Desa Wisata Ketingan. J. Bumi Lestari 8 (2) : 205 – 210.

Wijayanti, R. 2009. Strategi Pengembangan Usaha Sayuran Organik : Studi Kasus Kelompok Tani Putera Alam Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor). Skripsi. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.

West, R., dan Turner, L. H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi. Salemba Humanika, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.