Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Cabai Rawit (Capsicum Frutescens) di Kabupaten Boyolali

Sri Juningsih, Bambang Mulyatno Setiawan, Djoko Sumarjono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian cabai rawit di Kabupaten Boyolali secara serempak dan secara parsial. Penelitian ini dilakukan bulan September – Oktober 2018 di Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan 110 responden dengan metode accidental sampling. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, sikap, kualitas, harga dan lokasi secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Faktor penentu, keputusan pembelian, cabai rawit, regresi logistik.

Full Text:

PDF

References


Arfani, A., M, Jufri., dan Salimah. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen dalam mengkonsumsi cabai merah (Studi Kasus : Pasar Brayan, Pasar Denai, Pasar Petisah, Pasar Marelan di Kota Medan). J. Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 2 (9):1-11.

Badan Pusat Statistik. 2017. Provinsi Jawa Tengah dalam Angka 2017. BPS, Jawa Tengah.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Boyolali dalam Angka 2018. BPS, Boyolali.

Dinas Pertanian dan Perkebunan. 2017. Statistik Hortikultura. Provinsi Jawa Tengah.

FAO. 2015. Food and Agriculture Organization of the United Nations Statistical. 2015. FAO.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair, J. F., W. C. Black, B. J. Babin, dan R. E. Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Heizer, J., dan B. Render. 2015. Operations Management (Manajemen Operasi), ed.11, Penerjemah: Dwi anoegrah wati S dan Indra Almahdy. Salemba empat, Jakarta.

Ikpeme, C. E., O. A. Okiri., dan P. Henry. 2014. Comparative evaluation of the nutritional, phytochemical and microbiological quality of three pepper varieties. J Food Nutr Sci 2 (3): 74-80.

Putri, D., Yusmini, dan Eliza. 2017. Analisis bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen raudhah chicken di jalan durian pecan baru. J. faperta. 4 (2):1-15.

Rodrigues K.F., dan H.K. Tam. 2010. Molecular markers for Capsicum frutescens varieties cultivated in Borneo. J Pl Breeding Crop Sci 2 (6): 165-167.

Saodah, D.S. dan R. Malia. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). J. Agroscience. 7 (1):178-193.

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. 2017. Outlook Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suryani. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu, Semarang.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.