Penerapan Target Costing dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Keripik Apel di UD Ramayana Agro Mandiri Kota Batu Berdasarkan Sistem Penjualan Online dan Offline

Fitriyah Fitriyah, Dina Novia Priminingtyas, Dwi Retnoningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penjualan antara sistem penjualan online dan offline serta menganalisis perhitungan biaya produksi produk keripik apel menggunakan metode tradisional dan target costing beserta keuntungannya yang ada di UD Ramayana Agro Mandiri. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, metode traditional costing dan metode target costing. Hasil menunjukkan bahwa perbadingan sistem penjualan secara online dan offline yaitu 20% dan 80%. Penjualan secara offline yaitu menitipkan ke toko oleh-oleh memiliki persentase lebih besar. Perhitungan biaya produksi dengan menggunakan metode traditional costing pada tahun 2018 sebesar Rp 571.643.700 dengan keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 344.196.300. Persentase margin laba yang didapatkan perusahaan sebesar 42,08%. Penerapan target costing mampu menurunkan biaya produksi menjadi Rp 433.537.380 dengan keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 482.302.620. Margin laba menjadi meningkat sebesar 56,3% sehingga UD Ramayana Agro Mandiri dapat mencapai target laba yang diinginkan dengan menggunakan metode target costing


Keywords


keripik apel, sistem penjualan, metode tradisional, metode target costing

Full Text:

PDF

References


Arifin, N. I., Karamoy, H., & Kalalo, M. 2016. Analisis Target Costing dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba Kotor pada Mandala Bakery. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 635–646.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. 2018. Kota Batu Dalam Angka 2018. Batu: BPS Kota Batu.

Blocher, E. J., Chen, K. H., & Lin, T. W. 2000. Manajemen Biaya (Pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Kádárová, J., Teplická, K., Durkácová, M., & Vida, M. 2015. Target Costing Calculation and Economic Gain for Companies. Procesida Economics and Finance Journal, 23, 1195–1200.

Longdong, F. M. 2016. Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi Pada CV Sinar Mandiri. Jurnal EMBA, 4(1), 1409–1418.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal JIBEKA, 11(2), 46–53.

Riwayadi. 2014. Akuntansi Biaya: Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sholihin, M., & Mujilahwati, S. 2016. Dampak Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penjualan di UMKM ( Studi Kasus Ninda Bros Lamongan ). Jurnal TeknikA, 8(1), 771–769.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21776//ub.jepa.2020.004.01.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.