Analisis Keberlanjutan Usahatani Kopi Rakyat Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Angling Agustin Pawiengla, Duwi Yunitasari, Moh Adenan

Abstract


Kecamatan Silo merupakan salah satu kawansan penghasil kopi rakyat terbanyak di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status keberlanjutan usahatani kopi rakyat Jember di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Metode analisis yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS) yang disebut RAP-KOPISILO (Rapid Appraisal for Coffee on District of Silo) yang hasilnya dinyatakan dalam bentuk indeks keberlanjutan dan status keberlanjutan. Usahatani kopi rakyat di Kecamatan Silo secara seluruhan kurang berkelanjutan, analisis Leverage dan Monte Carlo digunakan untuk mengetahui atribut-atribut yang sensitif terhadap indeks, dan status keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi ekologi statusnya kurang berkelanjutan (33,38), dimensi ekonomi kurang berkelanjutan (29,60), dimensi sosial dan budaya kurang berkelanjutan (48,37), dimensi infrastruktur dan teknologi cukup berkelanjutan (58,17), serta dimensi hukum dan kelembagaan adalah kurang berkelanjutan (35,04). Dari 47 atribut yang dianalisis terdapat faktor atau atribut yang sensitif terhadap indeks dan status keberlanjutan, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan atau intervensi terhadap atribut-atribut tersebut untuk meningkatkan indeks dan status keberlanjutan.


Keywords


indeks dan status keberlanjutan, usahatani kopi rakyat,MDS

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat.Statistika. 2017. Kecamatan.Silo Dalam Angka 2017. Kabupaten Jember : Badan Pusat.Statistika Kabupaten.Jember di Akses dari https://jemberkab.bps.go.id/.

Dalay-Clayton B and S. Bass. 2002. Sustainable Development Strategies, A Resources Book. Organization For Economic Co-operation and Development, United Nation Development Programme. Earchscan Publication Ltd, London.

Hidayanto, M., S. Supiandi., S. Yahya., Dan L., I. Amien. 2009. Analisis Keberlanjutan Perkebunan Kakao Rakyat Di Kawasan Perbatasan Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimatan Timur. Jurnal Agro Ekonomi. 27(2): 213-229 .

Husein Umar, 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kavanagh, P. 2001. Rapid Appraisal of Fisheries (Rapfish) Project. Rapfish Sofware Des Eruption (For Microsoft Excel). University of British Columbia. Fisheries Center. Vancouver

Kavanagh p and T.J. Pitcher. 2004. Implementing Microsoft Excel Sofware for Fish: A Technique for The Rapid Appraisal of Fisheries Status. University of British Columbia. Fisheries Center Research Report 12 (2)

Moehar. 2001. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Bumi Aksara

Murwanti R., Soetriono., Rudi Hartadi. 2016. Analisis Keberlanjutan Usahatani Kopi Rakyat Di Kecamtan Silo Kabupaten Jember. Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian.

Rahman, R., A. Nuhung., Dan M. Rachmat. 2007. Studi Pengembangan Sistem Agribisnis Perkebunan Rakyat Dalam Perspektif Globalisasi Ekonomi. Makalah Seminar Hasil Penelitian Bogor: Puslitbang Sosek Pertanian.

Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kopi tahun 2015-2017. Diakses Melalui http://ditjenbun.pertanian.go.id.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.