Perilaku Konsumen dalam Membeli Sayuran Organik PO Sayur Organik Merbabu (Studi Kasus Yogyakarta)

Muhamad Ikmal Fauzi, Yuliawati Yuliawati

Abstract


Kesadaran akan hidup sehat dan bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis menjadikan sayur organik menarik perhatian baik di tingkat produsen maupun konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, sikap, kepuasan konsumen terhadap sayur organik, dan menganalisis hubungan sikap dan kepuasan konsumen terhadap sayur organik. Penelitian ini dilakukan di PO SOM pemasaran daerah Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan 9 atribut produk, yakni bentuk, ukuran warna, kesegaran, keberagaman/variasi, ketersediaan, kemasan, jaminan produk (sertifikasi) dan harga produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, multriatribut Fishbein, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen usia 35–40 tahun dengan pendapatan di atas 5 juta rupiah dan pendidikan terakhir diploma atau sarjana (S1, S2 dan S3). Skor sikap konsumen sayur organik sebesar 8,91 dengan kategori sikap positif dan setuju. Kepuasan konsumen sayur organik cukup puas dengan indeks kepuasan sebesar 50,97 persen. Prioritas utama yang kinerjanya perlu diperbaiki adalah bentuk produk.


Keywords


Analisis Fishbein, Pemasaran, Perilaku Konsumen, Sayur Organik, Consumer Satisfaction Index

Full Text:

PDF

References


Adrianto, R. (2018). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Beras Organik. Parsimonia-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(3), 321–328.

Aliansi Organis Indonesia. (2013). Statistik Pertanian Organik Indonesia 2013. In Aliansi Organis Indonesia. Bogor.

Anggiasari, N. M., Indriani, Y., & Endaryanto, T. (2017). Sikap Dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Organik Oleh Konsumen Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 4(4), 391–397.

BPS. (2018). Konsumsi Perkapita Sayuran Organik dan Anorganik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta: Badan Puast Statistik.

Engel, J.F., R.D. Blackwell, P.W. Miniard. 2012. Consumer Behavior. Canada (US): Cengage Learning

Munandar, J. M., Udin, F., & Amelia, M. (2004). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Di Bogor. Journal of Agroindustrial Technology, 13(3), 97–107.

Oktaviani, R. W., & Suryana, R. N. (2006). Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro (Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor). Jurnal Agro Ekonomi, 24(1), 41–58.

Sadeli, A. H., & Utami, H. N. (2013). Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. Trikonomika, 12(1), 61–71.

Santoso, S. (2005). Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumarwan, U., A. Noviandi, K. Kibrandoko. 2013. Analisis Proses Keputusan Pembelian, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik di Jabotabek. Jurnal Pangan. 22(2): 1-17

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta (ID): Andi.

Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Niagawan, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.05

Refbacks

  • There are currently no refbacks.