Preferensi Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso

Weni Indah Tapaningsih, Yuli Dwi Lestari

Abstract


Kabupaten Bondowoso merupakan kabupaten penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia, yang dikenal dengan Kopi Java Ijen Raung, akan tetapi kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat Bondowoso bukan Kopi Java Ijen Raung melainkan kopi olahan pabrik lainnya. Fenomena ini tentunya mengharuskan agroindustri Kopi Java Ijen Raung mengembangkan produk kopinya agar dapat diterima oleh konsumen kopi di Bondowoso. Suatu Informasi mengenai preferensi konsumen sangat dibutuhkan yang dapat mempermudah Kopi Java Ijen Raung dalam menentukan strategi pemasarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga menjadi kriteria yang paling dominan bagi konsumen dalam membeli kopi. konsumen kopi cenderung memilih kopi olahan sendiri karena pertimbangan harga, citarasa, aroma dan kualitas kopinya dibanding dengan kopi lainnya

Keywords


preferensi konsumen dan startegi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Hair, J.F. 2006.Multivariate Data Analysis. New Jersey:Pewnrice Hall




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.05

Refbacks

  • There are currently no refbacks.