Preferensi Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.05Keywords:
preferensi konsumen dan startegi pemasaranAbstract
Kabupaten Bondowoso merupakan kabupaten penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia, yang dikenal dengan Kopi Java Ijen Raung, akan tetapi kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat Bondowoso bukan Kopi Java Ijen Raung melainkan kopi olahan pabrik lainnya. Fenomena ini tentunya mengharuskan agroindustri Kopi Java Ijen Raung mengembangkan produk kopinya agar dapat diterima oleh konsumen kopi di Bondowoso. Suatu Informasi mengenai preferensi konsumen sangat dibutuhkan yang dapat mempermudah Kopi Java Ijen Raung dalam menentukan strategi pemasarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga menjadi kriteria yang paling dominan bagi konsumen dalam membeli kopi. konsumen kopi cenderung memilih kopi olahan sendiri karena pertimbangan harga, citarasa, aroma dan kualitas kopinya dibanding dengan kopi lainnyaReferences
Hair, J.F. 2006.Multivariate Data Analysis. New Jersey:Pewnrice Hall
Downloads
Published
2021-01-20
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License