Respon Petani Cengkeh terhadap Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Momalia Ii Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Topandi Tumengkol, Darmiati Dahar, Ulfira Ashari

Abstract


Usahatani cengkeh merupakan salah satu usaha yang utama dari mayoritas petani di Desa Momalia II Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui respon petani cengkeh terhadap peranan Penyuluh Pertanian Lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi (pengamatan secara langsung) di lokasi penelitian. Data primer diperoleh dari petani cengkeh di Desa Momalia II Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan jumlah sampel 71 petani cengkeh. Penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon petani terhadap peran penyululuh sebagai motivator dan edukator pada kategori cukup baik, peran sebagai komunikator dan peran sebagai konsultan pada kategori baik, serta peran sebagai fasilitator pada kategori kurang baik


Keywords


cengkeh, peranan penyuluh pertanian, respon petani

Full Text:

PDF

References


BPTP, M. (2019). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Terhadap Pembangunan Pertanian.

Harihanto. (2001). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Respon.

Herry, N. F. (2017). Respon Petani Terhadap Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita , 21-23.

Hubeis, A., Ruwiyanto, W., & Tjitropranoto, P. (1994). Peranan Penyuluhan Menjelang Era Tinggal Landas. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Kantor Desa, M. I. (2019). Gambaran Umum Desa Momalia II.

Krisnawati. (2014). Persepsi Petani Terhadap Penyuluh Pertanian di Desa Sidomulyo dan Muari Distrik Oransbari Kabupaten Monokwari Selatan. Tesis Institut Pertanian Bogor , 1-77.

Kurniawati, E. (2016). Respon Mahasiswa Iain Kendari Terhadap Dakwah Jurnalisme Online. Psikologi Sosial .

Mohammad, F. A. (2013). Penyuluh Sebagai Komunikator Dalam Komunikasi Agribisnis.

Nita, E. D., & Saragih, W. (2018). Respon Petani Terhadap Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Agribizda , 1-14.

Putri, R. (2016). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Skripsi Fakultas Pertanian , 1-126.

Rusmono, M. (2019). Peran Strategis Penyuluhan Sebagai Edukator dan Fasilitator.Bogor.

Saeko, S. A. (2011). Respon Petani Padi Dalam Penggunaan Pupuk Petroganik Di Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Skripsi Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian , 5.

Sri, H., Nurul, H., & Pepi, R. (2014). Dasar-Dasar Penyuluhan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sulistiyo, A. S. (2011). Respon Petani Padi (Oryza Sativa) Dalam Penggunaan Pupuk Petroganik Di Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Skripsi Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian , 9.

Sundari, Hamid, A., & Nurliza. (2015). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Produksi Usahatani Di Kabupaten Pontianak. Jurnal Sosial Ekonomi , 27-28.

Sutria, P. B. (2016). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Padi Sawah Di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

Wiriatmadja, S. (1973). Pokok-pokok Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Yasaguna.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.