Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kendali Perilaku terhadap Niat Perilaku Konsumsi Berkelanjutan Pembelian Makanan Berkemasan Ramah Lingkungan Foopak
Abstract
Minat masyarakat terhadap produk hijau yang mulai berkembang membuat produsen memunculkan green marketing. Salah satu upaya green marketing yaitu pergantian packaging ramah lingkungan. Foopak menjadi salah satu merk produk kemasan makanan berbahan dasar kertas yang mudah didaur ulang dan banyak digunakan beberapa vendor makanan. Pada penelitian ini, niat perilaku konsumsi berkelanjutan khususnya mahasiswa menjadi penting diperhatikan karena generasi muda merupakan target tepat dalam mempromosikan konsumsi berkelanjutan pada masyarakat. Menggunakan Theory of Planned Behavior diteliti sebanyak 243 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang memiliki pengetahuan keberlanjutan dalam niat pembelian produk makanan berkemasan Foopak. Melalui analisis Partial Least Squares Structural Equation Modelling diperoleh hasil bahwa sikap seseorang memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat pembelian dengan koefisien sebesar 0,324, diikuti persepsi kendali perilaku dengan koefisien 0,279 dan norma subjektif dengan koefisien 0,181. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi produsen terkait strategi memotivasi konsumen membeli makanan berkemasan ramah lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahamad, N.R., dan Ariffin, M. (2018). Assessment Of Knowledge, Attitude and Practice Towards Sustainable Consumption Among University Students In Selangor, Malaysia. Sustainable Production and Consumption 16 (2018): 88-98.
Ashur. Muhammad. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial, Persepsi Risiko dan Interaksi Sosial Terhadap Kepercayaan dan Niat Pembelian Konsumen pada Media S-Commerce. Jurnal Bisnis dan Manajemen 3 (1).
BBPK. 2019. Tambah Cuan dari Kemasan. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. http://www.bbpk.go.id/berita_tampil.php?id=2nmSq0ReUn0-WcdqLtGggrmnBG0CntgUegpSrsIQ7qc, Diakses pada 28 Nov 2019
Effendy, Alvin Y. dan Kunto, Yohanes S. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2): 1-8.
Ekawanti, U. (2019). Pengaruh Lokasi Toko dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Distro Jenawi Oblong Riau Pekanbaru. JOM FISIP 6 (2).
Fatmawati, I., dan Junaedi, D. K. (2016). Antesenden Pembelian Produk Hijau. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa 9 (1).
Foopak.com. 2020. Tentang Kami. http://www.foopak.com/id/tentang-kami Diakses pada 17 April 2020.
Hanum, Nurlaila. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1 (2).
Hasan Sharifah, N. M. S., Harun, R., Hock, L. K. (2015). Application Of Theory Of Planned Behavior In Measuring Behavior to Reduce Plastic Consumption Among Students at University Putra Malaysia, Malaysia. Procedia Environmental Sciences, 30 (2015): 195-200.
Parel, C. P., Caldito, G. C., Ferrer, P.L., Guzman, G. G. D., Sinsioco, C. S., Tan, R. H. (1973). Sampling Design and Procedures. Singapore: A/D/C Asia Office.
Santoso, I., dan Fitriyani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilm. Kel & Kons, 9 (2): 147-158.
Sindonews.com. 2019. Produk Ramah Lingkungan Jadi Nilai Tambah Ekonomi Indonesia. https://ekbis.sindonews.com/read/1375180/34/produk-ramah-lingkungan-jadi-nilai-tambah-ekonomi-indonesia-1548942801, Diakses pada 20 Des 2019
Solimun., Fernandes, A.A.R., Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.
Suwarso, Nurul H. E. dan Wulandari, Ni M. K. (2015). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Pada Pertamax di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (10): 3119-3145.
Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. (2018). Pengelolaan Sampah di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.
Stephanie, Elysia. (2013). Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Atas Iklan pada Produk Shampo L’oreal di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2 (2).
Verma, V. K., Chandra, B. (2017). An Application Of Theory Of Planned Behavior to Predict Young Indian Consumers’ Green Hotel Visit Intention. Journal Of Cleaner Production, (2017).
Vermeir, I., Verbeke, W. (2009). Sustainable Food Consumption Among Young Adults In Belgium: Theory Of Planned Behaviour and The Role Of Confidence and Values. Ecological Economics, 64 (2009): 542-553.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.14
Refbacks
- There are currently no refbacks.