Proses Keputusan Inovasi Amplang UMKM di Kabupaten Kayong Utara

Sulinda Sulinda, Nurliza Nurliza, shenny Oktoriana

Abstract


Adopsi inovasi sangat penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan produksi dan kualitas produknya. Adanya inovasi dapat meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan dan menjalankan usaha. Proses adopsi inovasi melalui beberapa tahap mulai dari tahap pengetahuan sampai tahap konfirmasi. Penelitian ini difokuskan pada proses keputusan inovasi amplang UMKM di Kabupaten Kayong Utara. Tujuan penelitian yaitu untuk mendesain proses keputusan inovasi amplang UMKM di Kabupaten Kayong Utara. Metode yang digunakan ialah metode analisis deskriptif dengan mempersentasekan skor kuesioner untuk mengelompokkan kedalam rentang kategori pada masing-masing proses keputusan inovasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner kepada pelaku usaha amplang UMKM yang berjumlah 12 UMKM. Hasil menunjukkan bahwa belum ada pengenalan dan penerapan inovasi-inovasi baru dalam memproduksi amplang UMKM. Keterlibatan pemerintah hanya memberikan perijinan usaha saja. Informan sering memanfaatkan sosial media untuk alat promosi produk. Untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas promosi, informan sangat mengaharapkan munculnya inovasi-inovasi baru dari pihak terkait. Pada tahap akhir konfirmasi informan bersikap netral terhadap inovasi-inovasi baru, namun jika inovasi tersebut memberikan dampak baik terhadap usahanya maka akan diterapkan dan secara berkelanjutan. Upaya yang dapat dilakukan bagi pelaku usaha amplang UMKM, harus berinisiatif melakukan terobosan dan mencoba sesuatu hal yang baru untuk mengembangkan produk amplang, seperti mencari informasi tidak hanya lewat sosial media saja tetapi lewat orang perorangan atau sekelompok orang, mengunjungi pameran-pameran produk olahan lainnya untuk memperluas pengetahuan, ikut terlibat aktif dalam struktur UMKM di wilayah setempat, mempelajari dari berbagai sumber-sumber literatur yang terkait contoh buku-buku dan internet.


Keywords


Amplang UMKM, Analisis Deskriptif, Inovasi.

Full Text:

PDF

References


Anto, A. (2018). Proses Adopsi Inovasi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kawasan Minapolitan Desa Koto Mesjid Provinsi Riau. Sosio Konsepsia. https://doi.org/10.33007/ska.v7i2.1144

Azizah, N. (2018). Difusi Inovasi Dalam Konteksperanan Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Swara Ringgitkelurahan Ledug Guna Meningkatkan Potensi Lokal. Heritage.

BPS. (2019). Kabupaten Kayong Utara Dalam Angka.

Disperindagkop. (2019). Karakteristik UMKM.

Fauzi. (2018). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 58 No 1.

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Kemenkopukm. (2019). Data UMKM.

Kriyantono, R. (2015). Public Relations and Corporate Social Responsibility in Mandatory Approach Era in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.041

Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.245

Maulida, S., & Yunani, A. (2018). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif Leni Masnidar Nasution. In Hikmah.

Prasetyo, A. F., & Awaludin, A. (2016). Peran Kelembagaan Peternak Dalam Adopsi Teknologi. Jurnal Ilmiah Inovasi. https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.298

Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations, Fourth Edition. In Elements of Diffusion.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.