Strategi Peningkatan Hasil Penjualan Bubuk Kopi Robusta Original pada Rumah Kopi Lerek Gombengsari Kecamatan Kalipuro Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.25Keywords:
, bubuk kopi robusta, rumah kopi lerek gombengsari, strategi pengembangan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil penjualan Bubuk Kopi Robusta Original Rumah Kopi Lerek Gombengsari Kabupaten Banyuwangi. Mengetahui strategi prioritas dalam meningkatkan hasil penjualan Bubuk Kopi Robusta Original Rumah Kopi Lerek Gombengsari Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner serta dokumentasi. Tempat penelitian dilakukan di Rumah Kopi Lerek Gombengsari Kabupaten Banyuwangi. Pemilihan narasumber menggunakan teknik purposive sampling meliputi, Akademisi dari institusi dengan program studi pertanian terdekat, Ketua Asosiani Petani Gombengsari dan Pemilik usaha sebagai Informan Kunci. Teknik analisis data berfokus pada analisis Matriks IFAS dan EFAS, kemudian dilanjutkan dengan Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil penjualan Bubuk Kopi Robusta Rumah Kopi Lerek Gombengsari berdasarkan faktor internal adalah kondisi geografis yang mendukung, persediaan bahan baku kopi robusta yang melimpah, menjadi objek kunjungan wisata, telah terjalinnya kerjasama dengan petani kopi robusta, dukungan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan adanya peran dari pihak akademisi. Faktor eksternal adalah diversifikasi produk dalam menghadapi pesaing, tren sistem pengolahan basah dan jaringan atau relasi pasar. 2. Berdasarkan hasil analisis pada Matriks QSPM bahwa prioritas strategi dalam meningkatkan hasil penjualan Rumah Kopi Lerek Gombengsari adalah memanfaatkan objek kunjungan wisata untuk menambah jaringan atau relasi pasar.
References
BPS Kabupaten Banyuwangi. (2019). Data Luas Panen, Produktivitas, dan Total Produksi Perkebunan Swasta Nasional. Retrieved from https://www.banyuwangikab.go.id/profil/pertanian.html
David, F. R. (2009). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Jakarta [ID]. Penerbit Salemba Empat.
Haryoko, M. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kopi Robusta Di Kabupaten Temanggung (Studi Kasus Di Kecamatan Pringsurat). Agromedia, 36(2).
Prasetyo, S. B., Aini, N., & Maghfoer, M. D. (2018). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Produktivitas Kopi Robusta (Coffea Robusta) Di Kabupaten Malang. Jurnal Produksi Tanaman, 5(5).
Prastowo, B., Karmawati, E., Rubijo, S., Indrawanto, C., & Munarso, S. J. (2010). Budidaya dan pasca panen kopi. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perkebunan. Bogor.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Ridwan, M., & Hadyanto, S. (2012). Perencanaan pengembangan pariwisata. Sofmedia.
Yohana Ari Ratnaningtyas, N. I. P., & Agnes Widyasmoro, N. I. P. (2016). Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 11(1), 1–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License