Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Tingkat Penjualan Produk Minuman Aloevera Sp. di Kota Pontianak (Studi Kasus pada IKM I Sun Vera)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial yang tediri dari produk, harga, promosi, lokasi, oarng/SDM, proses dan bukti fisik terhadap tingkat penjualan. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang/SDM (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel (15,775 > 2,16) dengan tingkat signifikansi < 0,05 ( 0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan orang/SDM (X5) berpengaruh secara parsial (masing-masing) terhadap tingkat penjualan. Penelitian ini juga memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0, 600%, yang menunjukkan bahwa 60% dari ketujuh variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dan 40% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2017. Kota Pontianak Dalam Angka 2017. Pontianak: Badan Pusat Statistik.
Sunyoto, D., Susanti, F.A. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. E. Edisi kedua. Yogyakarta (ID): CAPS. 316 hal
Lestari. (2014) ‘Persepsi Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Produk Roti Holland Bakery Boulevard di Kota Manado’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.