Segmentasi Pasar Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Morinawa

Rahmawaty Andi Nadja, Andi Sitti Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana segmentasi pasar produk keripik pisang Zelika pada industri rumah tangga Morinawa.Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kappasa, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.Penentuan lokasi ini dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa di wilayah tersebut terdapat agroindustri pengolahan buah pisang menjadi keripik.Dalam penelitian ini digunakan teknik penelitian studi kasus.Sebagai dasaryang dapat digunakan dalam  segmentasi ini adalah variabel utama yang dipergunakan dalam mensegmentasi pasar konsumen berdasarkan Kotler yaitu Geografis, Demografis, Psikografis, dan Perilaku.Hasil penelitian menunjukkan keripik pisang Zelika dapat dijangkau oleh masyarakat, baik lokasi produk ini dipasarkan maupun harga yang ditawarkan.Pilihan terhadap keripik pisang Zelika umumnya sebagai camilan selingan khusus bagi mereka yang aktivitas kesehariannya lebih banyak diluar rumah sehingga sangat mempengaruhi mereka untuk membeli camilan di pasar-pasar modern.Selain itu, pendapatan masyarakat perkotaan yang cenderung cukup tinggi juga ikut menentukan pola konsumsi mereka termasuk keputusan dalam membeli keripik pisang Zelika.


Keywords


segmentasi pasar, keripik pisang

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, NK., Herlina. 2017. Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol. 03. No.01, Januari 2017 hlm 75-95.

Bayu, PA. 2012. Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pisang, Kecamatan Tawamangu Kabupaten Karanganyar. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Volume 1 No 2.

Eka, IB. 2016. Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Pisang Menjadi Kripik Pisang Di Kelurahan Babakan Kota Mataram (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Kripik Pisang Cakra ) GaneÇ Swara Vol. 10 No.1.

Hapsari, Mohammad Iqbal. 2018. Analisis Segmentasi Pasar Fashion Wanita Berdasarkan Motif Pembelian dan Shopping Lifestyle. (Survei pada Konsumen Fashion Item Wanita di Kota Surabaya dan Malang).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 64 No. 2 November 2018 hlm 27-35.

Jamira, A. 2017. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (Studi Kasus Keripik Kentang Leo). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.3 Tahun 2017 hlm 235-242

Karmini, NL. 2017. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga,Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Gianyar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 8, No. 1. https://media.neliti.com › media › publications › 44411-

Kotler, P., & Armstrong, G., Principles of Marketing, Eleventh Edition. Prentice Hall International Inc., New Jersey, 2006

Mufidah, NL. 2012. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan (Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. BioKultur, Vol.I/No.2/Juli- Desember 2112, hal. 157-178.

Nuryanti, W. 2017.Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor Matic Di Wilayah Depok.UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 48-57 ISSN 2549-1377 (Print) ISSN 2549-1385 (Online)

Pontorondo, MM., 2016. Perubahan Perilaku Berbelanja Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern Di Kota Manado Dipandang Dari Aspek Sosiologi.Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah Vol. 14 No. 2.

Rahman, S. 2015. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Chips Jagung.Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 4 (3) 2015 hlm 108-111.

Saleh, R. 2015. Analisis Pendapatan Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie Di Kota Palu.e-J. Agrotekbis 3 (5) :680-654, Oktober 2015ISSN : 2338-3011

Supriyatno, A., Siti Rochaeni, Rahmi Purnomowati. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Jurnal Agribisnis, Vol. 9, No. 2, Desember 2015, [ 177 - 214 ]

Udayana, IG. 2011. Peran Agroindustri Dalam Sektor Pertanian. Singhadwala, Edisi 44.

Wahyudi, H. 2013. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Terhadap Pembelian Produk Mobil Nissan Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA Vol 1, No 3 (2013)

Wahyudi, M., Juliana R. Mandei, Joachim N. K. Dumais.2017. Nilai Tambah Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Ibu Dewi (Studi Kasus Kecamatan Malalayang). Agri-SosioEkonomiUnsrat, ISSN 1907– 4298, Volume 13 Nomor 3A, November 2017 : 27 - 32

Widyarini, M., Nina Septina. 2009. Perubahan Pola Belanja Masyarakat : Sebuah kajian di lingkungan masyarakat perkotaan. Jurnal Administrasi Bisnis (2009), Vol.5, No.1: hal. 91–100,

Yuliati, U. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional Di Kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 1 No. 01 Edisi April 2011

https://sains.kompas.com/read/2015/02/27/150000823/Mengapa.Memasak.Sendiri.Jauh.Lebih.Sehat.Penulis : Kontributor Health, Diana Yunita Sari




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.