Analisis Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Bondowoso

Reinita Dwi Putri Anggraini, Rudi Wibowo, M. Rondhi

Abstract


Beras organik di Kabupaten Bondowoso diproduksi oleh petani beras organik di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso dan merupakan satu-satunya kawasan percontohan usahatani beras organik di Kabupaten Bondowoso yang sudah memiliki sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik Seloliman (LeSOS). Beras organik dipasarkan di daerah Kabupaten Bondowoso dan luar Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) struktur pasar beras organik di Kabupaten Bondowoso; (2) perilaku pasar beras organik di Kabupaten Bondowoso. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive Method) di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso.Pengambilan contoh menggunakan teknik snowball sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif yaitu (1) analisis market share, perhitungan CR4 (Concentration Ratio for The Biggest Four), analisis HHI, Minimum Efficient Scale (MES) untuk mengetahui struktur pasar beras organik; (2) analisis deskriptif sistem penentuan harga, kerjasama dan analisis integrasi vertikal menggunakan Model Ravallion untuk mengetahui perilaku pasar beras organik.


Keywords


beras organik, pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar, kinerja pasar

Full Text:

PDF

References


Baye, Michael R. 2010. Managerial Economics and Business Strategy (Seventh Edition). New York: McGraw-Hill Irwin.

Edi, S. dan Rahmanta. 2014. Analisis Integrasi dan Votalitas Harga Beras Regional ASEAN Terhadap Pasar Beras Indonesia. Ekonom, 17(2): 77-92.

Jaya, Wihana K. 2008. Ekonomi Industri. Yogyakarta : BPPE.

Nafis, F. 2011. Analisis Usahatani Padi Organik dan Sistem Tataniaga Beras Organik di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Skripsi. Bogor: Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdiani, Nani. 2014. Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech. 5(2): 1110-1118.

Putri, Mega Amelia, A, Fariyanti dan N. Kusnadi. 2013. Struktur dan Integrasi Pasar KopiArabika Gayo di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Buletin RISTRI, 4(1):47-54.

Rizkyanti, A. 2010. Analisis Struktur Pasar Industri Karet dan Barang Karet Periode Tahun 2009. Media Ekonomi, 18(2): 1-19.

Safitri, S. A., D. Chalil dan Emalisa. 2014. Strategi Pengembangan Sistem Agribisnis Beras Organik (Studi Kasus : Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai). JurnalUSU, 5(1):1-10.

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. Malang: UMM Press.

Wati, Widia. 2015. Analisis SCP (Structure, Conduct and Performance) Pasar Ojol di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Jom Faperta, 2(2): 1-13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.