Indrajitu Slot Indrajitu Slot Gacor https://rs.unpad.ac.id/ slot online Indrajitu Slot https://resep2.fk.ulm.ac.id/ https://sim-epk.fk.ulm.ac.id/ https://skillslab.fk.ulm.ac.id/ https://upm.fk.ulm.ac.id/
Daya Saing Komoditas Vanili Indonesia di Pasar Internasional | Abdat | Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

Daya Saing Komoditas Vanili Indonesia di Pasar Internasional

Humairo Shidiq Abdat, Siswanto Imam Santoso, Suryani Nurfadillah

Abstract


Vanili merupakan tanaman perkebunan yang biasa dimanfaatkan sebagai pemberi aroma pada makanan, kosmetik, dan parfum sehingga memiliki nilai jual yang tinggi terutama di luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing komparatif, daya saing kompetitif, posisi pasar vanili Indonesia di pasar internasional serta potensi vanili Indonesia dalam merebut pasar ekspor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021 hingga April 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan bentuk data panel periode 2010-2019. Metode analisis data menggunakan Indeks Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Acceleration Ratio (AR) digunakan untuk mengetahui keunggulan komparatif dan kemampuan vanili Indonesia dalam merebut pasar ekspor vanili dunia. Metode Export Product Dynamic (EPD) digunakan untuk mengetahui keunggulan kompetitif dan performa suatu komoditas. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya saing ekspor vanili Indonesia untuk negara tujuan ekspor Amerika Serikat, Jerman, Prancis, India, dan Belanda memiliki daya saing yang kuat karena rata-rata nilai RCAnya lebih dari satu. Posisi daya saing kompetitif yang sering muncul selama periode 2010 – 2019 pada kelima negara tujuan ekspor tersebut adalah rising star, kemudian lost opportunity, falling star, dan yang paling sedikit muncul adalah retreat. Komoditas vanili Indonesia dapat merebut pasar internasional karena memiliki nilai hasil perhitungan AR lebih dari satu dan dapat mengalahkan negara-negara pesaingnya yang memiliki nilai AR dibawah Indonesia seperti Belgia, Mauritius, Kanada, dan Turki, namun masih belum mampu mengalahkan pesaing utamanya yaitu Madagaskar yang memiliki nilai AR jauh diatas Indonesia

Keywords


competitiveness, export, international trade, RCA, vanilla

Full Text:

PDF

References


Alexander, I. dan H. J. Nadapdap. 2019. Analisis daya saing ekspor biji kopi Indonesia di pasar global tahun 2002-2017. J. Social and Agricultural Economics. 12 (2): 1-16.

Asriani, P. S. 2011. Analisis daya saing ekspor ubikayu Indonesia. J. Agroland. 18 (1) : 65-70.

BI (Bank Indonesia). 2013. Perekonomian Global. Laporan Perekonomian Indonesia 2013.

Database Pertanian (Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian). 2019. Ekspor Komoditi Pertanian Berdasarkan Negara Tujuan

Subsektor : Perkebunan (Segar,Olahan). http://database.pertanian.go.id/eksim2012/hasilekspornegaratujuan.php. Diakses pada 1 Maret 2021

FAO (Food and Agriculture Organization of the united Nations). 2019. Top 10 Country, Export Quantity of Vanilla. http://www.fao.org/faostat/en/#rankings/countries_by_commodity_exports. Diakses pada 1 Maret 2021.

FAO (Food and Agriculture Organization of the united Nations). 2019. Top 10 Country, Export Value of Vanilla. http://www.fao.org/faostat/en/#rankings/countries_by_commodity_exports. Diakses pada 1 Maret 2021.

FEM IPB. 2010. Kewirausahaan dan Daya saing Agribisnis. PT Penerbit IPB Press, Bogor

Gunawan, Y. C. 2018. Daya saing komoditi hortikultura Indonesia di pasar ASEAN. J, Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 7 (2): 4241-4260.

Guntoro, T. dan M. A. Fathoni. 2020. Teknik Terbaru Budidaya Vanili di Pekarangan Rumah dan Pot. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Hakam, L. I. dan Firmansyah. 2019. Analisis daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan batu bara indonesia di negara tujuan ekspor utama. J. Diponegoro Journal of Economics. 1 (1) :31-46.

Hamzah, Y. I. G., J. T. Ibrahim, I. Baroh, dan F. Mufriantie. 2020. Analisis Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Internasional. J. Agricultural Socioeconomics and Business. 3 (1): 17-21.

Hidayati , S., D. H. Darwanto, dan Masyhuri. 2017. Kinerja Ekspor Tuna Indonesia. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jannati, F., E. Marsudi, dan T. Fauzi. 2020. Analisis daya saing ekspor teh indonesia dan teh vietnam di pasar dunia. J. Ilmiah Mahasiswa Pertanian. 5 (1): 181-190.

Kemendag. 2017. Export News Indonesia-Vanilla One of the World’s Most Precious Spices. Direktorat Jenderal Pembangunan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta.

Lindung. dan A. S. Jamil. 2018. Posisi daya saing dan tingkat konsentrasi pasar ekspor karet alam indonesia di pasar global. J. Agrisep. 17 (2): 119-128.

Patone, C. D., R. J. Kumaat, dan D. Mandeij. 2020. Analisis daya saing ekspor sawit indonesia ke negara tujuan ekspor Tiongkok dan India. J. Berkala Ilmiah Efisiensi. 20 (3): 22-32.

Putra, A. E. 2014. Dampak krisis finansial 2008 terhadap angka pengangguran di Jerman. J. Analisis Hubungan Internasional. 3 (1): 1-16.

Rochmat, I. M., Darsono, dan E. W. Riptanti. 2017. Analisis daya saing ekspor komoditas karet alam Provinsi Jawa Tengah. J. Sustainable Agriculture. 32 (2) : 95-100

Sa’idy, I. B. 2013. Analisis daya saing komoditas tekstil dan produk tekstil Indonesia di Amerika Serikat. J. Economics Development Analysis. 2 (4): 269-276.

Sari, D. R. dan E. Tety. 2017. Export competitiveness analysis of coffee Indonesia in the world market. J. Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 14 (1) : 105-114

Suharto, D. E. 2015. Analisis Daya Saing Pelet Kayu Indonesia di Pasar Internasional. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi).

Tampubolon, J. 2020. Perdagangan dan Bisnis Internasional: Teori dan Analisis Empiris. Deepublish, Yogyakarta.

Trade Map. 2021. List of importing markets for a product exported by Indonesia-Product: 0905 Vanilla. https://www.trademap.org/Country_SelProductCountry_TS.aspx?nvpm=1%7c360%7c%7c%7c%7c0905%7c%7c%7c4%7c1%7c1%7c2%7c2%7c1%7c2%7c1%7c1%7c1. Diakses pada 30 Juni 2021.

Trade Map. 2021. List of importing markets for a product exported by Madagascar-Product: 0905 Vanilla. https://www.trademap.org/Country_SelProductCountry_TS.aspx?nvpm=1%7c450%7c%7c%7c%7c0905%7c%7c%7c4%7c1%7c1%7c2%7c2%7c1%7c2%7c1%7c1%7c1. Diakses pada 30 Juni 2021.

Trade Map. 2021. List of supplying markets for a product imported by France-Product: 0905 vanilla. https://www.trademap.org/Country_SelProductCountry_TS.aspx?nvpm=1%7c251%7c%7c%7c%7c0905%7c%7c%7c4%7c1%7c1%7c1%7c2%7c1%7c2%7c1%7c%7c1. Diakses pada 30 Juni 2021.

Trade Map. 2021. List of supplying markets for a product imported by Netherlands-Product: 0905 Vanilla. https://www.trademap.org/Country_SelProductCountry_TS.aspx?nvpm=1%7c528%7c%7c%7c%7c0905%7c%7c%7c4%7c1%7c1%7c1%7c2%7c1%7c2%7c1%7c1%7c1. Diakses pada 30 Juni 2021.

Yoon, J., H. Jang, dan S. Cho. 2020. Analysis on the Vanilla Industry in Madagascar. Tridge, South Korea.

Zuhdi, F. dan Suharno. 2015. Analisis daya saing ekspor kopi Indonesia dan Vietnam di pasar ASEAN 5. J. Habitat. 26 (3) : 152-162.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.