Penentuan Strategi Prioritas Untuk Meningkatkan Kualitas Umkm Soto Ayam Surabaya “Mbak Srie” Menggunakan Analytical Hierarchy Process

Alfando Putrantyo Wiratama, Roni Kastaman, Boy Macklin Pareira Prawiranegara

Abstract


Usaha mikro kecil dan menengah semakin berkembang di Indonesia. Berdasarkan data yang bersumber dari (Badan Pusat Statistik, 2016) jumlah usaha mikro kecil non pertanian berjumlah 26.073.689 unit Berkembangnya usaha mikro kecil menengah mengakibatkan persaingan yang ketat. Kualitas merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha agar dapat bersaing. Kepuasan pelanggan dapat ditentukan berdasarkan kualitas yang diberikan untuk pelanggan. Soto Ayam Surabaya “mbak SRie” merupakan salah usaha mikro yang bergerak dalam jasa penyedia makan restoran atau warung makan yang memiliki permasalahan mengenai kualitas yang diberikan untuk pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diprioritaskan guna meningkatkan kualitas dari Soto Ayam Surabaya “mbak SRie” dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menggunakan software ExpertChoice. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik usaha dihasilkan 8 strategi yang dapat dipertimbangkan. Hasil kombinasi antara pemilik pertama dan kedua dengan menggunakan metode AHP dan software ExpertChoice didapatkan strategi prioritas berupa memulai digitalisasi dengan nilai bobot sebesar 0,308, memperbaiki kemasan dengan nilai bobot sebesar 0,206 dan merencanakan mendapatkan sertifikat halal dengan nilai bobot sebesar 0,122.


Keywords


Kualitas, Analytical Hierarchy Process (AHP), ExpertChoice.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Sensus Ekonomi 2016. Retrieved August 2, 2021, from https://se2016.bps.go.id/umkumb/

Feigenbaum, A. V. (1983). Total Quality Control (3rd ed.). New York: McGraw-Hill, Inc.

Irawan, H. (2003). Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Jakarta: PT Gramedia.

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021, January 30). Inilah Dukungan Pemerintah Agar UMKM Go Digital dan Go Global. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/36064/inilah-dukungan-pemerintah-agar-umkm-go-digital-dan-go-global/0/berita

Kotler, P., & Keller, K. lane. (2015). Marketing Management (15th ed.). Kendallville: Pearson.

Munthafa, A. E., & Mubarok, H. (2017). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.

Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2012). Models , Methods , Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process Second Edition (2nd ed., Vol. 175). New Jersey: Springer US.

Setiyadi, S., Amar, K., Aji, T., Sunan, N., Jalan, K., & Sucipto, A. (2011). Penentuan Strategi Sustainability Usaha Pada Ukm Kuliner Dengan Menggunakan Metode Ahp-Swot. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(2), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jiti.v10i2.1251

Sulaeman, S. (2004). Pengembangan usaha kecil dan menengah dalam menghadapi pasar regional dan global. Infokop, (25), 113–120.

Badan Pusat Statistik. (2016). Sensus Ekonomi 2016. Retrieved August 2, 2021, from https://se2016.bps.go.id/umkumb/

Feigenbaum, A. V. (1983). Total Quality Control (3rd ed.). New York: McGraw-Hill, Inc.

Irawan, H. (2003). Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Jakarta: PT Gramedia.

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021, January 30). Inilah Dukungan Pemerintah Agar UMKM Go Digital dan Go Global. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/36064/inilah-dukungan-pemerintah-agar-umkm-go-digital-dan-go-global/0/berita

Kotler, P., & Keller, K. lane. (2015). Marketing Management (15th ed.). Kendallville: Pearson.

Munthafa, A. E., & Mubarok, H. (2017). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.

Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2012). Models , Methods , Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process Second Edition (2nd ed., Vol. 175). New Jersey: Springer US.

Setiyadi, S., Amar, K., Aji, T., Sunan, N., Jalan, K., & Sucipto, A. (2011). Penentuan Strategi Sustainability Usaha Pada Ukm Kuliner Dengan Menggunakan Metode Ahp-Swot. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(2), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jiti.v10i2.1251

Sulaeman, S. (2004). Pengembangan usaha kecil dan menengah dalam menghadapi pasar regional dan global. Infokop, (25), 113–120.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.