Penerapan green product dan green packagaing sebagai strategi pemasaran di era digital

Qinnara Pratita Loka, Nurwahdaniati wahdaniati, usman affandi masmutia, Ayu Monica Sari, Livia Windiana, M. Zul Mazwan

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan pada berbagai hal, yang paling terlihat adalah pola hidup atau kebiasaan manusia. Masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah, ketika keluar rumah harus sesuai dengan prokes supaya tidak tertular virus tersebut. Sehingga, mereka lebih banyak melakukan aktivitas apapun di dalam rumah, termasuk kebiasaan berbelanja. Belanja secara online menjadi pilihan karena dirasa lebih aman, tidak banyak berinteraksi dengan pihak lain. Masyarakat juga banyak menciptakan kegiatan yang menyenangkan agar tidak bosan berada di dalam rumah, salah satu kegiatan yang dipilih adalah bercocok tanam atau berkebun. Tanaman paling diminati adalah tanaman hias, yang membawa dampak harga tanaman hias melambung tinggi. Dalam mendukung daya beli masyarakat secara online, maka produsen tanaman juga harus mengubah strategi pemasarannya dengan menggunakan digital marketing. Maka diperlukan cara pengemasan yang tidak merusak tanaman tersebut, sehingga diperlukan bahan  pembungkus yang berlapis dengan spesifikasi tertentu seperti plastik. Bahan pembungkus ini meninbulkan bertumpuknya sampah yang berakibat pada pencemaran lingkungan. Dalam rangka meminimalkan dampak pencemaran lingkungan tersebut, maka produsen tanaman hias perlu menerapkan green product dan green packaging sebagai strategi pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon konsumen terhadap penerapan green product dan green packaging sebagai strategi pemasaran digital khususnya penjualan tanaman hias dan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan penjualannya.  Sampel penelitian berjumlah 60 responden dengan teknik analisis data yaitu analisis kualitatif menggunakan Partical Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang positif terhadap penerapan green product dan green packaging, namun tidak signifikan. Hal tersebut dikarenakan responden menjawab setuju pada variabel green product, green packaging, place, dan price, namun belum diikuti pembelian selanjutnya oleh konsumen.


Keywords


Green Product, Green Packaging, Tanaman Hias, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Atmadja, T. F. A., Yunianto, A. E., Yuliantini, E., Haya, M., Faridi, A., & Suryana, S. (2020). Gambaran sikap dan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(2), 195. https://doi.org/10.30867/action.v5i2.355

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Valid, 14(2), 71–86.

Bala, M., & Deepak Verma, M. (2018). A Critical Review of Digital Marketing Paper Type:-Review and Viewpoint. International Journal of Management, 8(10), 321–339.

Candrawati, Hari; Sapari, Delly; Seto, Tri Anggoro; Wahyudi, E. R. (2020). Pemasaran Tanaman Hias perspektif Ekologi Media Digital: Studi terhadap Kelompok Tani Bojongsari Baru Kota Depok. Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 35–50.

Dianti, N. R., & Paramita, E. L. (2021). Green Product dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 130–142. https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2301

Farida, N., Widoretno, S., & Yuliastuti, E. (2020). Pembuatan Kantong Kain “Tote Bag” sebagai Pengganti Kantong Plastik pada Pemuda Wirausaha Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 296–304.

Fauzi, M. H., Susilowati, D., & Masyhuri, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Seagri, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 09(03), 7–9.

Fikri, M. El, Ahmad, R., & Harahap, R. (2020). Strategi Mengembangkan Kepuasan Pelanggan Online Shop Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sabun Pyari). Jurnal Manajemen Tools, 12(1), 87–105. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gelora, D. A. N., Desa, B., Batu, K. E. C., & Batu, K. (2018). REFERENSI; Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. 6, 9–16.

Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78

Jan, W. D., Justyna, K., Obid, T., & Siew, Q. T. (2015). Integration of Local Eco-innovation with Global Problems of Protection of the Natural Environment and Bio-based Green Economy. Proceedings of the 2015 AASRI International Conference on Circuits and Systems, 9(Cas), 25–28. https://doi.org/10.2991/cas-15.2015.7

Npf, F., Profitabilitas, T., Bank, R. O. A., & Syariah, U. (2021). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 4 No. 1 Januari 2021. 4(1), 32–40.

Nurfadilah, S. D. (2021). Analisis Faktor Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Sukabumi) Analysis Of Changes in E-Commerce Consumer Behavior During The Coronavirus Pandemic (Study on Shopee Consumer in Sukabumi). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(1), 16–23. https://ijabo.a3i.or.id

Nurjanah, M. S. (2022). PERILAKU KONSUMEN TANAMAN HIAS KOTA MALANG DI ERA NEW NORMAL (Studi Kasus di Pasar Bunga Splendid Kota Malang) SKRIPSI. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.

Puspitasari, I., Sumampouw, H., & Punuindoong, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara Dan Gorontalo (Studi Kasus Pada Konsumen Wilayah Kota Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(002), 269364.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147

Sarastila, C., Pertiwi, A., & Kustanti, A. (2021). MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI TANAMAN HIAS MELALUI E-COMMERCE SAAT PANDEMI COVID-19 Technology Acceptance Model a nd Customer ’ s Trust Toward Intention to Purchase Ornamental Plants Through E-Commerce During The . 17(2), 13–26.

Satria, B., Kasim, F., Sitepu, K., Rambey, H., Simarmata, M., Melda Br Bangun, S., & Rionald Sihite, H. G. (2021). Hubungan Karakteristik Responden Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), 213–217. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i2.688

SEGATI, A. (2018). Pengaruh Persepsi Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 159. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.175

Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.

Wandosell, G., Parra-Meroño, M. C., Alcayde, A., & Baños, R. (2021). Green packaging from consumer and business perspectives. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13031356

Yousif, N., Cole, J., Rothwell, J. C., Diedrichsen, J., Zelik, K. E., Winstein, C. J., Kay, D. B., Wijesinghe, R., Protti, D. A., Camp, A. J., Quinlan, E., Jacobs, J. V, Henry, S. M., Horak, F. B., Jacobs, J. V, Fraser, L. E., Mansfield, A., Harris, L. R., Merino, D. M., … Dublin, C. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps:




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.31

Refbacks