Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta

Susi Rahmawati, Darsono Darsono, Nuning Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik pimpinan terhadap orientasi pasar dan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pangan olahan di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan Teknik survei. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini menggunakan 50 responden yang merupakan pemilik UMKM pangan olahan. Analisis menggunkan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pimpinan mempengaruhi orientasi pasar secara positif. Orientasi pasar dan inovasi produk masing-masing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, sedangkan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku UMKM pangan olahan diharapkan lebih memperhatikan perubahan selera konsumen dan menjawab perubahan tersebut melalui perbaikan kualitas dan pelayanan guna mempertahankan minat beli konsumen dengan harapan mampu meningkatkan kinerja pemasaran.

Keywords


Kinerja Pemasaran;SEM;UMKM

Full Text:

PDF

References


Basuki dan Rahmi Widyanti. 2014. Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan. Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. 2017. Surakarta Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Surakarta.

Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan PARTIAL LEAST SQUARES (PLS) Edisi 4. Semarang: Universitas Diponegoro.

Guspul, A. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm “Batako” Di Kepil Wonosobo. Jurnal PPKM III (2016) 193-206 ISSN: 2354-869X. Program Studi Manajemen Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo.

Hair, J.F. JR., Anderson, R.E, Tatham, R.L. dan Black, W.C. 2006. Multivariate Data Analysis 6th Ed. New Jersey: Pearson Educational, Inc

Kementrian Koperasi dan UMKM. 2014. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2012–2013. www.depkop.go.id.

Prapriani, Y dan Y. Sugiarto. 2014. Membangun Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Mebel di Kabupaten Jepara (Studi Kasus Pada UMKM Mebel di Kabupaten Jepara). Diponegoro Journal of Management. ISSN (Online): 2337-3792.

Putranto, SE. 2003. Studi Mengenai Orientasi Strategi dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume II, No. 1, Mei 2003, halaman 93-110.

Sarjita. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia Di Kabupaten Bantul. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN: 2252-5483. Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta.

Setyawati, H. 2013. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Predikasi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Jurnal Fokus Bisnis. Vol 12, No 2, Hal 20–31.

Sukarno, G. 2009. Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk Dan Kreatifitas Strategi Pemasaran. Ekuitas ISSN 1411-0393 Akreditasi No.110/DIKTI/Kep/2009. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.